Bakti Sosial Religi, Puluhan Personel Polres Kebumen Bersih-Bersih Rumah Ibadah

Kebumen – jurnalpolisi.id

Beberapa rumah ibadah di Kabupaten Kebumen didatangi personel Polres Kebumen. Bukan untuk melakukan penyelidikan ataupun olah TKP seperti tugas kepolisian pada umumnya.

Namun, puluhan personel itu datang sembari menenteng alat kebersihan, mulai dari sapu, pengki, kemoceng hingga kain pel untuk membersihkan rumah ibadah

Mulai dari Gereja, Masjid, Vihara, hingga Kelenteng, pagi ini dilakukan bersih-bersih oleh puluhan personel Polres Kebumen.

Diungkapkan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kabaglog Polres Kompol Hari Harjanto, kegiatan bersih-bersih rumah ibadah merupakan “Bakti Sosial Religi” juga dalam rangka memeriahkan rangkaian Hari Bhayangkara ke 78 tahun 2024 Polres Kebumen yang jatuh pada tanggal 1 Juli di setiap tahunnya.

“Semoga dari kegiatan ini, bisa sedikit meringankan masyarakat. Rumah ibadah menjadi lebih bersih,” jelas Kabaglog Kompol Hari Harjanto saat mengambil apel pelepasan di Mapolres Kebumen, Jumat 21 Juni 2024.

Rumah ibadah yang dilakukan bakti sosial religi antara lain, Masjid Al Mukarromah Panjer, Gereja St Yohanes Maria Vianney Kebumen, Kelenteng Kong Hwie Kiong, Vihara Maha Dhana Kebumen.

Bersih-bersih dimulai dari halaman sekitar rumah ibadah, lalu para personel merangsek masuk ke rumah ibadah membersihkan seputaran rumah ibadah.

Selama bersih-bersih, personel didampingi pihak rumah ibadah terkait daerah mana saja yang tidak perlu dibersihkan oleh personel Polres Kebumen.

Kegiatan ini disambut positif Ketua Kelenteng Kong Hwie Kiong Kebumen Hengki Halim. Ia mengapresiasi Polres Kebumen yang menunjuk Kelenteng Kong Hwie Kiong sebagai tempat bakti sosial religi.

“Dengan adanya kegiatan ini menandakan Polres Kebumen mengayomi semua agama, atau lintas agama yang ada di Kebumen,” ujar Hengki.

Senada diungkapkan, Pandita Masrihudin Vihara Maha Dhana Kebumen, ia menyambut positif kegiatan Polres Kebumen pagi ini.

“Kami bersyukur, Polres Kebumen peduli terhadap kerukunan umat beragama. Kami umat Budha, merasa diayomi. Kami juga terbantu, karena di vihara hanya ada satu petugas kebersihan,” pungkas Pandita Masrihudin.

Menjelang Hari Bhayangkara ke 78, Pandita Masrihudin berharap agar Polres Kebumen semakin dekat dengan masyarakat.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *