Tanam Ubi Bentul Pemdes Ngurwul Sediakan Lahan 4 Hektar

Malra – jurnalpolisi.id

Sekitar 4 Hektar lahan yang berada di Desa (Ohoi) Ngurwul ditanami Ubi Bentul. Adapun Ngurwul merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Kegiatan pemberdayaan pangan lokal itu, ditujukan untuk masyarakat setempat, dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023.

Kepala Desa Ngurwul ‘Saleh Labetubun kepada media ini, bahwa kegiatan pemberdayaan perkebunan Ubi Bentul atau Ronan, sejatinya sudah dilaksanakan pada Juni 2023 lalu dengan melibatkan empat kelompok Tani yang ada di desa itu.

“Jadi program pemberdayaan ini dilaksanakan mencakup kebutuhan pangan lain, selain Enbal untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat setempat” kata Saleh di Langgur Sabtu, (25/05)

Dijelaskan, Ronan atau ubi bentul tersebut merupakan salah satu solusi yang tepat untuk memperkuat ketahanan pangan lokal masyarakat di kepulauan kei saat ini.

Bahwa selain Enbal dari segi kuantitas yang cendrung populer dan terkena seantero masyarakat luas, Runan hanya sebatas bahan makanan untuk pembuatan keripik dan camilan.

“Runan dikategorikan sebagai makanan pengganti nasi seperti halnya Enbal yang dapat dinikmati setiap waktu” jelasnya.

Labetubun katakan bahwa sejak 2023 Pemerintah Ohoi Ngurwul sudah menekuni Perkebunan Runan dengan membuka lahan perkebunan baru menggunakan anggaran Dana Desa untuk mensejahterakan seluruh masyarakat.

“Memberi kesempatan kepada para kelompok tani yang ada untuk membuka perkebunan umbi-umbian, kacang-kacangan dan sayur-sayuran,”tambah Labetubun

Kemudian hasilnya akan diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Ngurwul itu sendiri

Dengan adanya pemberdayaan Saleh mengharapkan bisa mendorong serta meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya kelompok tani yang ada di Desa itu, dengan pengelolaan lahan perkebunan dan pertanian yang baik

Saat ini kata Saleh, runan yang sudah siap dipanen setelah ditanam selama kurang lebih selama 7-10 bulan.

“Taruhlah setahun untuk memperoleh hasil panen maksimal,”Imbuhnya

Sehingga kata Dia bahwa kedepannya akan di tanam pula umbi-umbian, kacang-kacangan dan juga sayur-sayuran.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *