KJJT Banyuwangi “Geber” Pelatihan Jurnalistik untuk Pelajar, SMPN 3 Rogojampi Sambut dengan Antusias

BANYUWANGI – jurnalpolisi.id

Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) wilayah Banyuwangi, kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan literasi jurnalistik di kalangan pelajar. Kali ini, giliran SMPN 3 Rogojampi yang mendapatkan kesempatan baik ini. Pada Jumat (31/5/2024), sebanyak 40 pelajar dari OSIS, DEGA, PIK-R, PMR, dan ekskul jurnalistik sekolah tersebut, mengikuti pelatihan jurnalistik dengan penuh semangat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan menulis berita para pelajar, memperkaya konten mading sekolah, serta membantu publikasi kegiatan sekolah agar lebih aktif dan berkualitas, memajukan sekolah.

Pelatihan yang dipimpin oleh Ricky Sulifan, Ketua KJJT Banyuwangi, menghadirkan sejumlah pemateri. Joko Tama dari Actanews.id memberikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik, sementara Nurkholis dari Ganeshaabadi.com mengajarkan teknik penulisan berita. Jajaran KJJT lainnya, seperti Fitron dari suarapecari.com, Yohan dari Banyuwangi.news, dan Ruslan dari Bratapos.com, turut mendampingi.

Para siswa tidak hanya menerima materi teori, tetapi juga langsung praktek membuat berita dan wawancara. Hasil karya terbaik mereka nantinya akan dipublikasikan di media online, agar dapat memberikan pengalaman nyata dan apresiasi atas usaha para pelajar.

Muhammad Fahris, S.Pd., urusan kurikulum mewakili Kepala Sekolah SMPN 3 Rogojampi, menyampaikan apresiasinya kepada tim KJJT. “Pelatihan ini memberikan dasar dan kaidah penulisan yang benar, membantu siswa jurnalistik lebih mudah dalam membuat berita,” ujarnya.

Fahris juga menambahkan bahwa pelatihan ini melatih kemampuan public speaking, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengarahkan siswa dalam menentukan topik berita seputar kegiatan sekolah. “Harapannya, literasi dan jurnalistik di SMPN 3 Rogojampi semakin maju, berkembang, dan meningkatkan kualitas pengetahuan tentang penulisan berita,” tambahnya.

Sedangkan Ricky Sulifan berharap pelatihan ini mempermudah siswa dalam mencari dan membuat berita. “Alhamdulillah, untuk kesekian kalinya kami dapat berbagi pengalaman dan ilmu kepada adik-adik pelajar. Kami akan terus melakukan kegiatan serupa di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA. Semoga kegiatan ini bermanfaat, menambah wawasan, dan meningkatkan kualitas SDM di Banyuwangi,” pungkas Ricky, yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Suarapecari.com di Banyuwangi.

Ricky juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri tanpa menggunakan anggaran pemerintah, dan berharap sekolah-sekolah memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan untuk kelancaran kegiatan ini demi kebaikan sekolah di Banyuwangi.
Sumber : Humas KJJT
Pewarta : Boby Tri Setya Hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *