Pj Bupati Malra : Jadikan Zakat Sebagai Lifestyle

Malra, – jurnalpolisi.id

Lantik pengurus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Maluku Tenggara, Pj. Bupati Jasmono, mari jadikan Zakat sebagai Lifestyle (Gaya hidup). Pelantikan berlangsung di aula kantor bupati setempat, Jumat (05/04/2024).

“Tugas kita menjadikan Zakat sebagai Gaya hidup yang dilaksanakan dengan penuh sukacita, kesadaraan dan empati,”ucap Jasmono lewat sambutanya

Adapun pengurus yang dilantik pada masa bakti 2023 sampai 2028 itu, kata Bupati akan mengemban tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, infak dan sekah. Itu pun sudah berdasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2021.

Bahwa Baznas bersama pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabel.

Hal itu, juga tak luput dari Gerakan Cinta Zakat oleh Presiden Jokowidodo pada beberapa waktu lalu, sehingga menjadi tantangan bagi Baznas untuk dapat mendorong, serta partisipasi meningkatkan zakat, infak dan sedekah.

Sementara itu, agar memastikan penyaluran yang tepat sasaran dan sampai kepada yang membutuhkan.

Dan apabila diperumpamakan, zakat adalah grand theory yang dapat mengangkat perekonomian, maka menjadi perioritas kita, untuk meramu middle theory atau variabel praktikal, dengan memastikan zakat menjadi daya dorong yang kuat dan berhasil guna untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan secara nasional.

Dengan populasi lebih dari 278,69 juta penduduk yang mayoritas Muslim memiliki potensi zakat tak terhitung, yang bisa mengangkat perekonomian rakyat.

“Khususnya dari 28.000 penduduk muslim di kabupaten Maluku Tenggara, memiliki potensi zakat cukup signifikan, bisa mengangkat perekonomian rakyat,”kata Jasmono dikutib dri sambutan

Pantauan media ini, pelantikan berakhir pada pukul 15.45 WIT. Turut hadir, Pj. Sekda Malra, Ir Nikodemus Ubro, M.Si, Dandim 1503/Tual, Letkol Inf. Kadek Muliarsa, Kapolres Maluku Tenggara, AKBP Frans Duma, S.P.

Ps. Kasubsi PLLU Sibaseops Disops Lanud D. Dumatubun, Letda Lek Rahmat Situmorang, Kepala Kemenag Kab. Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tual, Anggalanton Boang Manalu, S.H., M.H, para tokoh Agama, tokoh Adat, dan tokoh Masyarakat.

Selain membacaan Surat Keputusan (SK) Pj. Bupati Maluku Tenggara, juga dilakukan pembacaan naskah pelantikan dan penandatanganan berita acara, serta dilakukan sesi foto bersama.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *