Arus Mudik Jelang ‘H-8 di Pelabuhan Yosudarso Tual Meningkat

Kota Tual – jurnalpolisi.id

Total penumpang di pelabuban Yosudarso Kota Tual alami peningkatan pada H – 8 jelang perayaan Idul Fitri 1445/Hijriah tahun 2024

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Tual, Hamdi’ kepada wartawan diruang kerjanya mengungkapkan bahwa total peningkatan penumpang mencapai 4.809 jelang H – 8. Diantaranya 2955 penumpang turun, dan naik sebanyak 1854.

“Jadi ini tidak biasanya, bila dibandingkan dengan tahun lalu,”kata Syahbandar Tual, Hamdi Rabu (03/04/2024)

Diakui`Hamdi kalau jumlah yang disebutkan belumlah maksimal, nantinya akan melonjak mendekati perayaan Idul Fitri 1445/Hijriah. Arus mudik yang diperkirakan akan mengalami lonjakan itu, sesungguhnya ada pada H-3.

Sedangkan untuk kesiapan armada saat ini sudah ada sebanyak 13 armada. Lima (5) dari PT. Pelayaran Indonesia (Pelni), empat (4) berpangkalan di Tual, sedangkan empat (4) lagi dari pelabuhan lokal (pelabuhan rakyat)

Namun berdasarkan pada laporan, Hamdi katakan kalau satu kapal sedang dalam tahap Docking, yaitu Public Service Obligation (PSO) Leuser. Sehingga armada yang tersisa dari PT Pelni sebanyak empat.

Jadi lima kapal dari Pelni yang diistilahkan sebagai kapal PSO, hanya terdapat empat saja. Adapun puncak arus dikatakan akan dimulai pada tanggal 03 April 2024, dan ditanggal 07 April saat kedatangan ‘KM Tidar

Hamdi menjelaskan bahwa disaat ini, juga terdapat satu armada yang berasal dari Pangkalan PLP yang sudah siap dioprasikan jika terjadi kecendrungan, atau lonjakan yang signifikan.

“Untuk Pangkalan PLP sudah ada armada yang siap digunakan, yaitu kapal Kelas II,”ungkapnya

Untuk Navigasi terdapat satu armada pula, sebut Hamdi namun masih dalam tahap perbaikan, sehingga harus menunggu. Kembali diyakinkan dan dirinya berharap kalau kapal milik Navigasi sedianya akan sudah beroperasi mendekati puncak hari raya.

Sementara itu Hamdi yang baru saja diseratrimakan pada bulan Maret lalu, menghimbau agar masyarakat yang ingin melakukan mudik harus membeli tiket jauh hari. Begitu pula jika ingin kembali (Arus Balik).

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *