Sanggar Tari SMAN 1 Kota Gajah Tampil dalam Festival Tari di Korea Selatan

Lampung Tengah – jurnalpolisi.id

Sanggar Tari Muli Mekhanai SMAN 1 Kota Gajah (Smansaga) siap tampil dalam event Andong International Mask Dance Festival 2023 Korea Selatan.

Sanggar Muli Mekhanai yang pada tahun 2018 pernah membukukan juara pertama dalam event internasional bergengsi ini bakal tampil di Korea Selatan pada 6-11 Oktober 2023.

Manajer Tim Erna Budiwati mengatakan, penampilan Sanggar Muli Mekhanai ini merupakan salah satu langkah diplomasi budaya untuk mengenalkan budaya sekaligus promosi pariwisata Indonesia, khususnya kabupaten Lampung Tengah di kancah internasional.

Melalui kegiatan diplomasi budaya ini diharapkan para seniman bisa belajar dan ke depan berkontribusi aktif untuk kepentingan bangsanya. Dinilai diplomasi budaya ini juga bisa memperkuat hubungan antarbangsa,” ujar Erna yang juga pengampu mata pelajaran kesenian, Rabu (4/10/2023).

Sedangkan tujuan lainnya, lanjut Erna, pementasan dalam event kompetisi ini sebagai bentuk untuk mengasah kreativitas sekaligus menjajal kemampuan sebagai barometer keberhasilan.

“Apakah Sanggar Muli Mekhanai mampu bersaing dengan pegiat seni dari berbagai penjuri dunia dalam event ini,” ucapnya.

Dalam Andong International Mask Dance Festival 2023, beber Erna, Sanggar Muli Mekhanai akan berlaga dalam kompetisi kategori solo dan kategori group.

Tim Produksi terdiri dari Erna Budiwati, S,Pd (Manajer), Luthfi Guntur Eka Putra (Pimpinan, M.Sn (Pimpinan Produksi), dBulan Riestama, M.Sn (Pimpinan Artistik), Nadi Silfa Arkan (Bendahara), Frisillia Indah Afiria (Sekretaris), M. Tio Fadhilah (Dokumentasi), Riyan Saputra (sponsorship), Dio Khorur Rizky (coordinator Latihan). Inggil Naila Yunus (Tata Busana). Koreografer Luthfi Guntur Eka Putra, M.Sn dan Bulan Riestama, M.Sn.

Dalam kompetisi ini, Sanggar Tari Muli Mekhanai Smansaga akan menampilkan karya tari bertajuk “Bahagia dan Segalanya.”

Karya tersebut menggambarkan manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri. Berbagi sesama, menolong sesama, memberi kepada sesama. Ingat kebahagiaan bukan seberapa kalian mendapatkan sesuatu tetapi, yang memberi lebih ke sesama.

Kemudian tari berjudul “Mudik Bikin Asik“ yang memvisualkan tradisi musik di Indonesia.

“Mudik adalah momen paling bahagia dan mengharukan, bahagia ketika pulang kampung dari rantauan dan bertemu saudara dan keluarga di rumah,” ujar Erna.

Sedangkan tari berikutnya bertajuk “Tiga Monyet” dengan penari yang menggambarkan tentang tiga monyet yang bahagia ketika mendapatan pisang yaitu makanan favorit mereka.

Andong International Mask Dance Festival 2023 berlangsung di Andong, rumah dari Warisan Dunia UNESCO yang ditunjuk Desa Andong Hahoe.

Laporan : Andi Eka Putra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *