Prospek Usaha UMKM Asam Paya di Desa Pancur Jaya Kecamaran Rupat Sangat Menjanjikan

Bengkalis – jurnalpolisi.id

Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat yang saat ini dipimpin Pj.Kepala Desa Pancur Jaya Ibuk dr.Nelya Sasmita berbagai prestasi telah dicapai Desa Pancur Jaya.

Pada saat ini di Desa Pancur Jaya terdapat UMKM yang mengolah Asam paya menjadi Minuman Asam paya,Manisan Asam Paya,Asinan Asam yang di produksi Mak Usu nama Pengelolanya yang beralamat di Jalan Abdul Rahman 1 RT.0/RW 01 Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat. Untuk memperkenalkan produk lokal UMKM tersebut dalam berbagai Kesempatan Pj.Kepala Desa Pancur Jaya Ibu dr.Nelya Sasmita senantiasa memperkenalkan produksi tersebut kepada tamu yang berkunjung di Desa Pancur Jaya, dengan harapan nantinya Produk Lokal hasil olahan dari Asam Paya suatu saat dapat menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Rupat.

Bahan baku Asam Paya cukup banyak terdapat di Desa Pancur Jaya dan Asam paya termasuk jenis tumbuhan yang cocok ditanam di tanah gambut sebab tanaman Asam paya termasuk kelompok Palm, dimana buah asam paya seperti salak. Dari buah asam akan dapat diolah menjadi minuman asam paya,Manisan asam paya dan asinan asam paya,disamping itu asam paya juga berkhasiat untuk kesehatan.

Salah satunya yang mengolah Asam paya di Desa Pancur Jaya dikelola Mak Usu panggilan akrabnya, Beberapa Waktu yang lalu tempat usaha Beliau diperkenalkan Ibuk dr.Nelya Sasmita Pj.Kades Pancur jaya kecamatan Rupat kepada rombongan Sekolah SMA Santo Yosef Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis yang berkunjung ke Desa Pancur Jaya.

Bila dilihat dari prospek usaha Asam Paya dengan beberapa produksi hasil olahan seperti Minuman Asam paya,manisan Asam paya dan Asinan Asam paya dalam aspek pemasaran rasanya diperlukan dukungan semua pihak melalui mempromosikan dalam berbagai event yang ada, baik di Pulau Rupat,Kabupaten Bengkalis maupu ditingkat Propinsi Riau, disamping memberikan pembinaan untuk dapat mengembangkan produk hasil olahan dari Asam Paya.(Asmadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *