Perhutani Latih Mandor LingkunganBanyuwangi Barat

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Dalam rangka meningkatkan ilmu dibidang lingkungan bagi para petugas Perhutani dilapangan, Perhutani KPH Banyuwangi Barat gandeng Kasi Utama bidang K3L Divre Jatim melatih para mandor Lingkungan se KPH Banyuwangi di Hutan Lindung blok Gantasan Licin pada Jum’at (08/03/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan selama 2 hari dihadiri oleh Kasi Utama bidang K3L Divre Jatim, Administratur, KSS K3L, segenap Kaur TK dan segenap Mandor Lingkungan pada KPH Banyuwangi Barat. Hari pertama adalah teori yang dilakukan dikantor KPH dilanjutkan kegiatan praktek lapangan pada hari kedua yang dilakukan pada hari Jum’at 08 Maret 2024 di Hutan Lindung Petak 1d blok Gantasan.

Materi yang diberikan antara lain Bio Diversity keanekaragaman hayati baik flora dan fauna, Latihan Pemantauan Lingkungan seperti Stasiun Pemantauan Lingkungan (SPL) Sungai, SPL Curah Hujan dan SPL Erosi.

Dalam sambutannya Adm Perhutani KPH Banyuwangi Barat Muklisin mengatakan para peserta pelatihan menyimak materi dengan baik, hal pokok yang menjadi tugas Mandor Lingkungan contoh mengambil sample tanah sedimentasi, cara mengukur debit air bisa dilaksanakan dengan baik dan benar.

“Saya harap tugas pokok di bidang lingkungan bisa nyambung dengan tugas pokok lainnya sehari hari, misalnya seorang mandor sadap ketika cek petak sadapan ketemu dengan satwa maka bisa dicatat untuk menjadi laporan sehingga ketika dilakukan monev bio diversity perjumpaan satwa bisa menjadi tambahan literasi koleksi terhadap laporan,” ujar Muklisin.

“Jangan jadikan kegiatan lingkungan menjadi terbebani lebih sehingga jadi repot, tapi jadikan kegiatan lingkungan itu adalah bagian kegiatan kita sehari hari yang menjadi tugas pokok lainnya, contoh Polhutter ketika melakukan patroli juga bisa mencatat flora dan fauna yang dijumpai dan dicatat di Buku Saku Polhut untuk dibuatkan laporan,” pungkasnya.

Kasi Utama bidang K3L Divre Jatim Yana Herdiana mengatakan, “Saya diundang oleh KPH Banyuwangi Barat untuk me review Mandor Lingkungan dan memberikan pembelajaran di bidang lingkungan, sehingga mereka paham tugas pokoknya dalam kelola lingkungan.”

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu sebagai pemenuhan terhadap sertifikasi PHL, karena K3L ini terintegrasi dengan sertifikasi, temuan – temuan yang ada di sertifikasi PHL paling banyak dibidang K3 dan Lingkungan sehingga ini menjadi pemenuhan dan perbaikan, kegiatan ini juga sebagai meningkatkan kompetensi Mandor Lingkungan KPH Banyuwangi Barat,” pungkasnya.

Kepala Sub Seksi (KSS) K3 dan Lingkungan KPH Banyuwangi Barat Renhat Supriyadi mengatakan, “Pelatihan Mandor lingkungan di lingkup Perum Perhutani dibutuhkan untuk menjawab tantangan dalam tanggung jawab lingkungan kedepan, mengingat kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani merupakan salah satu stok karbon geoforest.”

“Dengan adanya pelatihan ini maka kawasan hutan KPH Banyuwangi Barat agar tetap terjaga, terkelola dan terlindungi secara berkelanjutan,” imbuhnya.
Polhut BKPH Licin selaku Mandor Lingkungan, Joko mengatakan, “Terimakasih telah mendapatkan ilmu dibidang Pengelolaan Lingkungan dan akan kami laksanakan dengan baik sesuai dengan arahan dan saya lakukan sambil patroli keamanan hutan.” (Bagas)

Pewarta : Boby Try Setya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *