Jebolnya Tangul Kali Cimeneng Melanda Pemungkiman Warga Cikerang – Bantarsari

Cilacap- jurnalpolisi.id

Berawal Peristiwa tersebut terjadi pasca hujan deras yang menerjang lokasi Tangul kali Cemeneng tempatnya Dusun Cikerang Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap, menyebabkan debit air Sungai Cimeneng meluap dan merusak tanggul hingga ke permukiman rumah warga, Jumat (01/03/2024).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Bayu Prahara mengatakan bahwa banjir tersebut mulai terjadi pada Jumat pagi pada pukul 06.30 WIB.

“Hujan dengan intensitas tinggi di hulu Sungai Cimeneng yang mengakibatkan meluapnya Sungai Cimeneng,” kata Bayu Prahara.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Budi Setyawan menambahkan, bahwa wilayah terdampak banjir berada di Dusun Cikerang Desa Bantarsari.

Pihaknya mendata, dampak banjir memicu tanggul jebol dengan panjang 6 meter, lebar 2 meter, serta tinggi tanggul 1 meter.

“Genangan air di Dusun Cikerang itu dengan kedalaman lebih kurang 50-60 centimeter menerjang RT.01, RT.02, RT.03 wilayah RW.10 Dusun Cikerang, kurang lebih sebanyak 150 KK, 100 unit rumah warga, “Ungkapnya.

Budi menjelaskan, bahwa pihaknya telah mengecek lokasi banjir bersama Forkopimcam dan dinas terkait.

Pihaknya juga telah menyiapkan perahu fiber dan pelampung untuk keperluan evakuasi warga terdampak.

“BBWS Citanduy Banjar mendatangkan Excavator dan gerobak guna penanganan darurat,” tambahnya.

Untuk penanganan darurat, pihaknya bersama Forkopimcam, BPBD dan sejumlah relawan membantu evakuasi warga dan menangani tanggul jebol tersebut.

Banjir juga dilaporkan menggenangi sejumlah titik jalan, pekarangan hingga area pertanian di wilayah setempat.
(Syaifulloh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *