Kampung sidomekar kecamatan gedung Aji baru kabupaten Tulang bawang sebanyak hampir 30 Rumah Warga terendam Banjir

Tulang bawang – jurnalpolisi.id

Sebanyak 30 rumah warga Kampung Sidomekar, Kecamatan Gedungaji Baru, Tulangbawang terendam banjir, akibat luapan sungai yang mengalami kedangkalan. Ketinggian air mencapai 150 cm.

Kepala Kampung Sidomekar, Kecamatan Gedungaji Baru, Krisbandi mengatakan, bencana banjir yang merendam pemukiman warganya itu terjadi sejak, Kamis malam, 8 Februari 2024 sekitar pukul 21.00 WIB.

Mulai semalam banjirnya, karena disini hujan deras. Air sungai yang berada di tengah kampung meluap,ungkap Krisbandi, Jumat, 9 Februari 2024.

Kata dia, banjir kali ini menjadi yang terparah. Pasalnya ketinggian air mencapai 150 cm hingga 200 cm. Menurut Krisbandi, banjir disebabkan adanya penyempitan aliran sungai, gorong-gorong yang dibangun di jalan nasional berkapasitas kecil, dan adanya pembendungan air yang dilakukan oleh perusahaan.

Sudah 22 tahun sungai ini belum pernah dinormalisasi meski sudah kami ajukan. Kemudian sekitar 3 Km ada pembuatan bendungan yang dibuat PT SIP, jadi membunuh tiga sungai alam, makanya kampung jadi lautan. Selain itu, ada empat jembatan itu gorong-gorongnya kekecilan, jadi airnya enggak lancar,” katanya.

Ia mengaku, hingga saat ini masyarakat yang tertimpa musibah masih bertahan di rumahnya untuk menjaga barang berharganya.
Masih di rumah masing-masing, sejauh ini masih terkendali

Ia berharap pemerintah daerah Kabupaten Tulangbawang dapat tanggap atas bencana yang menimpa masyarakat. Pasalnya, hingga saat ini belum ada yang datang untuk meninjau lokasi. Ungkap krisbadi ketim media (Tm Ari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *