Far – far : Sejumlah Kecurangan Pemilu Mulai Dirasakan Warga di Kota Tual

Kota Tual – jurnalpolisi.id

Proses pemungutan suara telah usai, namun sejumlah kecurangan masih saja terjadi pada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kota bertajuk adat tersebut.

Dikatakan kalau pemilu tahun 2024 ini begitu banyak mengisahkan sejumlah kejanggalan.”Ini adalah proses pemilu yang sangat mobrok,”ungkap Erwin Far-far, salah satu tokoh masyarakat dan pemerhati politik, Jum’at (16/02/2024).

Menurutnya pengelolaan pemilu harus jujur dan adil, tapi yang terjadi saat ini adalah diluar dari yang disesuaikan dengan tata perundang – undangan yang berlaku.

Dirinya menyebutkan bahwa telah terjadi penyimpangan di beberapa TPS, yang dilakukan secara terorganisir pada kelurahan Lodar-El Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, seperti halnya umur dari ketua KPPS yang telah lanjut usia

“Mereka berada pada TPS 3 Yarler, TPS
Yarler 1, TPS Sinar Pagi,”ungkap Far – far

Selain itu, dia menambahkan kalau ada juga pelanggaran yang terjadi dibeberapa TPS lainya di Kelurahan Lodar-El. Anehnya lagi, penempatan TPS tidak berada ditempat yang terbuka yang bisa dengan cepat ditemukan.

Far – far dalam rilisnya juga membeberkan kalau telah terjadi politik uang yang dilakukan kandidat tertentu di tujuh (7) TPS. Dirinya telah menyiapkan sejumlah saksi yang mengetahui dengan jelas periswita tersebut.

Diakui kalau selepas ini dia akan mengawal para saksi untuk memasukan laporan tersebut ke Bawaslu kota Tual.

“Jadi mereka ini dibayar Rp. 500.000, sampai Rp. 1.000.000 rupiah,”ungkapnya

Adapun kandidat yang melakulan politik uang (Money Politik) telah diketahui identitasnya dengan jelas.

Sementara itu, dikatakan bahwa dalam bentuk lisan laporan telah disampaikan ke Bawaslu, dan hanya tinggal menunggu waktu saja.

Erwin juga membenarkan kalau ada oknum-oknum tertentu yang dengan sengaja merubah berita acara, dan disatu sisi formulir C1 plano juga sudah mulai dikirimkan.

Dia berharap agar proses sesegera mungkin bisa diselesaikan oleh Bawaslu kota Tual, hingga tidak terjadi polimik yang dapat berakibat pada Kamtibmas.

Punlish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *