Antisipasi DBD, Pemdes Gombang Lakukan Fogging

Tulungagung,- jurnalpolisi.id

Musim penghujan yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Tulungagung menjadi perhatian masyarakat untuk mewaspadai datangnya sejumlah penyakit, salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit DBD, Pemerintah Desa (Pemdes) Gombang, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung berupaya melakukan pengasapan/Fogging di perumahan warga.

Dikonfirmasi, Selasa (20/2/2024), kepala desa Gombang, Freejun Gintano menuturkan bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Pakel dalam rangka cegah dini atau memutus penyebaran penyakit demam berdarah. Tindakan pengasapan dengan bahan pestisida ini untuk membunuh nyamuk secara luas.

“Di musim penghujan seperti sekarang ini banyak genangan air dilingkungan warga, sehingga dikhawatirkan jadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah,” ucap Freejun sapaan akrabnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya warga desa Gombang untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilingkungan sekitar dengan menerapkan 3M Plus.

“Menjaga kebersihan lingkungan, sangatlah penting, kebersihan lingkungan bisa dimulai dari lingkungan rumah hingga lingkungan bermasyarakat agar kita semua terhindar dari segala penyakit yang berasal dari nyamuk atau DBD,” pungkasnya.

Dalam kegiatan pengasapan/fogging tersebut kepala desa Gombang Freejun langsung terjun melakulan pengasapan bersama perangkat dan ketua RT. Hadir pula bidan Puskesmas dan petugas dari Dinas Kesehatan Tulungagung.(Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *