Mahasiswa Gayo Lues Meraih Finalis Kompetisi Esai Ilmiah Nasional

Blangkejeren, 26 Januari 2024 – jurnalpolisi.id

Azhar, seorang mahasiswa asal Desa Palok, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, telah berhasil mewakili Universitas Malikussaleh dalam ajang bergengsi Pekan Inovasi Mahasiswa KIP Kuliah Nasional (PIMKIPNAS) 2024 di Provinsi Lampung. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Beasiswa Anak Negeri Politeknik Negeri Lampung (Formaban-Polinela).

Pada kompetisi ini, Azhar berhasil melaju sebagai finalis 15 besar dalam cabang lomba esai ilmiah, menjadi satu-satunya perwakilan dari Universitas Malikussaleh. Grand final di Lampung, yang berlangsung mulai tanggal 18 hingga 24 Januari 2024, menjadi panggung prestasinya. Azhar, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Himagalus (Himpunan Mahasiswa Gayo Lues), telah menjadi peserta yang aktif dalam perlombaan esai ilmiah selama menempuh pendidikan di Universitas Malikussaleh. Dia telah meraih beberapa penghargaan, termasuk Juara Harapan 3 dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa Nasional Indonesia Unimal Bidikmisi Competition (PKMNI UBC) dan Juara 1 dalam Essay Competition Febstival Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau.

Azhar memulai perjalanan menulis esai dan karya tulis ilmiah pada semester 6, ketika dia memperoleh akses kepada sebuah laptop. Dia belajar dari berbagai sumber dan berdiskusi dengan rekan-rekannya di Universitas Malikussaleh dan kampus lain. “Awal saya mencoba belajar menulis esai itu pada PKMNI UBC yang diselenggarakan Formadiksi Unimal dan alhamdulillah mendapat juara harapan 3, setelah itu saya semakin giat untuk belajar esai maupun karya tulis ilmiah dan mengikuti perlombaan esai baik di Unimal maupun nasional,” ujarnya.

Azhar menyampaikan kebanggaannya atas kesempatan membawa nama baik Universitas Malikussaleh di tingkat nasional. Dia berharap pencapaiannya dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain. “Saya pribadi tentu bangga bisa berada sampai di titik ini, saya juga senang jika berbagi ilmu dengan kawan-kawan yang ingin lebih mengetahui tentang esai ilmiah, biar kita sama-sama belajar, dan saya berharap apa yang saya capai ini bisa menjadi motivasi untuk semua orang, khususnya mahasiswa yang ada di Universitas Malikussaleh,” katanya. (Jamar Singkil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *