Konsultan supranatural muda Ki Sukmo jiwo yang berambut Gondrong dan bergaya nyentrik banyak dikagumi fans nya

Bandung – jurnalpolisi.id

Konsultan supranatural, muda ki sukmo jiwo salah komunitas House off sukmo jiwo(Youtubeer) yang melegenda dalam kalangan dunia mistis atau gaib bersifa Salah satu komunitas yang menekuni ilmu supranatural
Beralamat:
Dusun purwodadi Desa:waringinsari
Kec:lengen sari Kota.banjar Jawa Barat

Menariknya, anak-anak muda mendominasi komunitas ini. Mereka datang dari beragam latar belakang minat dan kemampuan. Tak seperti komunitas supranatural lain yang kebanyakan bersifat ekslusif dan homogen. Terkotak dalam satu bidang keilmuan saja.

”Kayak ilmu hikmah (wirid) ngumpul sendiri, ilmu hitam (demonic) sendiri, ada juga ilmu wicca kumpul sendiri, ilmu goetia sendiri, terkotak masing-masing satu ilmu,” kata salah satu perintis dan praktisi supranatural dari Komunitas House off sukmo jiwo menampung semua ‘madzhab’ keilmuan gaib tersebut. Jadi dalam melakukan kegiatan tak lazim itu mereka tidak berdasar pada satu bidang keilmuan saja.

”Pada akhirnya, untuk menempuh satu tujuan, misalnya mengobati orang kesurupan, penyembuhannya bisa banyak cara. Jadi tidak satu cara saja,” jelasnya.

Berawal dari forum diskusi pembelajar suprantural kini Kisukmo jiwo berkembang hingga menjadi (You tubeer), jasa konsultasi hingga pengobatan alternatif.

Mulai dari jasa penarikan benda pusaka, pembersihan (rukyah), amulet dan talisman. Hingga produk jasa pelet, susuk, pengasihan hingga jimat penglaris, baik secara perseorangan sampai pabrik banyak melakukan kegiatan. Tidak hanya jasa pengobatan, tapi juga meliputi kegiatan edukasi melalui sambang punden, misalnya. Kegiatannya secara berkala. Tiap hari-hari tertentu untuk Napak Tilas atau berkunjung bersama ke tempat-tempat leluhur yang mereka anggap keramat.

Untuk range harga dalam penggunaan jasa mereka tidak mematok sebatas satuan harga. Mengingat sedari awal tujuan mereka memang tidak melulu komersil. Sepanjang tidak menyulitkan orang yang sudah sulit.

Misalkan Pasang susuk biasanya puluhan jutaan di kita hanya jutaan saja. Kita juga pernah jual gelang kebal untuk satpam, kan gak bisa narik harga tinggi. Meski murah tapi kita gak main-main,” tegas Ki.sukmo jiwo.

Hingga saat ini pun sudah mendapat nama tersendiri di kalangan pengguna jasa supranatural muda ki sukmo jiwo punya pelanggan setianya mengaku hingga saat ini punya sekitar 800 klien sejak berjalan selama 9 tahun lamanya.

”Meski punya banyak klien, tapi beberapa persen penghasilan itu pasti masuk ke komunitas, untuk keberlangsungan komunitas ini sendiri,” imbuh dia.

Kendati begitu, praktik-praktik supranatural memang masih banyak yang menganggapnya tabu. Padahal praktik ini telah ada sejak ribuan tahun lalu mengiringi peradaban manusia namun paranormal muda yang bergaya nyentrik ini menyampaikan ada pandangan negatif dari masyarakat awam umum biasa.

Bahwa keilmuan supranatural itu bukanlah hal tabu. Bahkan kata dia, hal supranatural maupun spiritual sudah menjadi kelengkapan hidup nenek moyang kita.

“Bukan soalan hal negatif. Ini kan bagaimana cara menata berkehidupan yang baik secara mental dan juga spiritual. Bagi saya, perlu belajar hal ini asal tahu batas dan juga ada gurunya,” terang dia.

Terkait respon masyarakat terhadap komunitas ki sukmo jiwo ini yang sering menerima kecaman, bahkan ada yang menganggapnya syirik. Menurutnya hal itu sudah biasa.

Lagipula, komunitasnya punya alasan dan koridor aturan tersendiri dan tidak untuk merugikan orang lain. ”Semua ini ada penjelasannya secara saintifik, pembuktiannya ada dan untuk hal-hal baik,” pungkasnya

Jurnal polisi ID
Red irwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *