Sejumlah kecelakaan dialami angkutan umum dan barang, Kasat Lantas berikan himbauan

Semarang – jurnalpolisi.id

Terjadinya sejumlah peristiwa kecelakaan di Kab. Semarang beberapa waktu belakangan ini, dimana kendaraan yang terlibat merupakan kendaraan angkutan, baik angkutan umum (Orang) dan angkutan barang. Kasat Lantas Polres Semarang AKP Arpan SIK, MH, M.Si., Minggu 17 Desember 2023 memberikan himbauan.

Dalam himbauannya, AKP Arpan menyampaikan bahwa kepada para driver angkutan umum maupun barang lebih sering melakukan kontrol pada armada kendaraan yang digunakan. Selain itu pihaknya juga menghimbau kepada para driver angkutan untuk lebih berhati hati, mematuhi rambu rambu lalu lintas dan toleransi antar pengguna jalan.

“Melihat kejadian kecelakaan beberapa hari belakangan ini, dimana dialami oleh kendaraan angkutan, baik umum/orang dan barang. Dimana selain faktor manusia juga diakibatkan faktor tekhnis kendaraan yang digunakan.” Ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan kembali bahwa, kejadian kecelakaan yang terjadi di simpang Exit Tol Bawen pada Sabtu, 16 Desember 2023 lalu diduga akibat fungsi rem yang tidak berfungsi dengan baik.

“Setelah kejadian di Kesongo Kec. Tuntang yang mengakibatkan 2 orang Meninggal dunia, pada Sabtu 16 Desember 2023 dini hari di depan cafe Over O Ungaran terjadi kecelakaan tunggal namun Nihil Korban jiwa, selanjutnya dihari yang sama sekitar pukul 13.00 Wib siang juga terdapat kecelakan di simpang Bawen namun juga Nihil korban jiwa. Dimana beberapa kejadian ini diakibatkan oleh faktor manusia dan kendaraan yang digunakan.” Tambahnya.

AKP arpan juga menjelaskan kejadian di simpang Exit Bawen, dimana kejadian menimpa kendaraan box Fuso dengan nopol F 9207 WA yang mengangkut plastik.

“Dari keterangan driver truk Saudara Heri (53 Th) warga Kota Semarang, pihaknya hendak ke arah Salatiga. Setelah keluar dari gerbang pembayaran tol Bawen dan merasa rem tidak berfungsi, driver truk ini mencoba menabrakkan kendaraannya ke taman dan beberapa Water Barier agar tidak menabrak kendaraan lain di depannya agar tidak timbul korban jiwa.” Jelasnya kembali.

Sat Lantas Polres Semarang juga akan terus melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas, guna penekanan fatalitas kecelakaan di semua lapisan masyarakat. Termasuk kepada para Driver angkutan umum dan barang, saat berada di terminal maupun Rest Area.

Koordinator liputan Jateng DIY Bendoz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *