Operasi Lilin Salawaku 2023, Kapolres Malra: Waspadai Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas

Malra – jurnalpolisi.id


Kapolres Maluku Tenggara (Malra) AKBP Frans Duma, S.P saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku 2023, Kamis (22/12/2023), mengingatkan warga agar selalu mewaspadai Kamtibmas serta Kamseltibcar Lantas

Dikatakan kalau menjelang perayaan Natal maupun Tahun Baru 2024 akan banyak sekali masyarakat yang berpergian (Mudik). Untuk itu demi menjaga keselamatan dihimbau berhati – hati selalu, dan waspadai situasi kejahatan yang mungkin bisa saja terjadi.

Pantauan media ini, bahwa pelaksanan apel gelar pasukan operasi lilin salawaku 2023 dilakukan di Mako Kodim 1503, juga melibatkan unsur Pemerintah Daerah (Pemda), serta Forkopimda.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Malra.’AKBP Frans Duma, S.P, yang juga sebagai KaOpsRes. Sedianya apel gelar pasukan tersebut berlangsung pada pukul ‘08.40 WIT.

Adapun Forkopimda Maluku Tenggara yang hadir dalam kegiatan apel Gelar Pasukan :

1) Ketua DPRD Kab.Maluku Tenggara MINDUCHRI KOEDOEBOEN, SE;
2) Waka Polres Tual, KOMPOL, IZAAC RISAMABESSY. S. Sos;
3) Danlanal Tual Kolonel Laut yang diwakili Dan Denpom, KAPTEN LAUT(PM)ANDRIZAL,S.S.T.HAN.MH;
4) Dandim 1503/Tual, di wakili Pasi Ops LETTU. INF. N. BOIRATAN;
5) Danlanud D.Dumatubun langgur di wakili Dansat Pom Lanud Dumatubun, LETTU. PM. LACCA BOER,S.T.HAN;
6) Wadanyon C Pelopor di Wakili Wadanki 1 Yon C Pelopor, IPDA DANNY NOYA;
7) Kepala BNPB kab Malra, MOCHTAR INGRATUBUN;
8) Kepala Damkar Kab Malra, ABDURAHMAN MADUBUN;
9) Ketua MUI Kab Malra, Drs. ARIFIN DIFINUBUN;
10) Kabid Pengembangan keselamatan Dishub Kab Malra, SAFATOR OHOIWUTUN.

Dan para peserta Apel yang Hadir, terdiri dari

1) Perwakilan Penyematan Pita Operasi;
2) 1 SST Gabungan Perwira Polres Malra dan Brimob
3) 1 SST Gabungan Provos TNI-POLRI;
4) 1 SST Kompi D Senapan Yonif 734/SNS;
5) 1 SST Lanal Tual;
3) 1 SST Lanud D. Dumatubun Langgur;
4) 1 SST Kompi 1 Yon C Pelopor;
5) 1 SST Samapta Polres Malra;
6) 1 SST Gabungan Staf Polres Malra;
7) 1 SST Satlantas Polres Malra;
8) 1 SST Gabungan Resinarti Polres Malra;
9) 1 SST Gabungan Dinas Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas BNPB dan Satpol PP Kab. Malra;

Apel gelar pasukan, juga ditandai dengan dilakukanya pengecekan pasukan dan pemasangan pita operasi, oleh Kapolres

Sedangkan Kapolres dalam amanat Kapolri yang dibacakan, bahwa elapel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

“Peserta apel dan para hadirin yang saya hormati, Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar,”sebut Kapolres pada pembacaan amanat Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo

Bahwa sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, “Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok”.

Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024.

Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengaman

Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan, 49.676 objek pengamanan.

Hal lain yang mungkin akan menjadi perhatian adalah, mengantisipasi kepadatan penumpang pada titik pelayanan, dan moda transportasi umum.

Adapun dalam sambutanya, ancaman terorisme juga menjadi salah satu tantangan yang serius. Untuk itu, diharapkan kedepankan deteksi dini dan preventif strike untuk mencegah pelaku teror yang melancarkan aksinya, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun.

Selain itu, berdasarkan pada amanat Kapolri, Kapolres menyampaikan agar pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

Kemudian guna mengantisipasi kejahatan konvensional, lakukan patroli rutin pada objek vital, pusat ekonomi dan wisata, daerah rawan kejahatan serta pemukiman. Sosialisasikan Kepada masyarakat yang akan bepergian dalam waktu lama agar melapor kepada petugas setempat dan sediakan layanan penitipan kendaraan pada kantor-kantor kepolisian.

Dan diakhir sambutanya, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo melalui Kapolres AKBP Frans Duma, S.P mengucapkan selamat merayakan Natal 25 Desember 2023 dan selamat memasuki Tahun Baru 01 Januari 2024

Publish By (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *