Dinas Pu Pengairan Banyuwangi MengadakanTasyakuran Hari Bhakti PU Ke-78 & Hari Jadi Banyuwangi 252

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Setelah bulan lalu mendapatkan penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 dalam program Sekolah Rawat Daerah Aliran Sungai (Sekardadu), tahun depan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Banyuwangi mentargetkan Sekardadu bisa menjuarai Top Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik).

Untuk itu, Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi, Guntur Priambodo, akan melakukan upgrade atau upaya peningkatan terhadap program Sekardadu tersebut. Hal itu ia sampaikan usai menggelar acara Tasyakuran Hari Bhakti PU ke-78 dan Hari Jadi Banyuwangi ke-252, pada Kamis, 14 Desember 2023, yang berlokasi di halaman kantor Koordinator Sumber Daya Air (Korsda) Kecamatan Srono.

Pria yang sehari-hari akrab disapa Guntur ini mengatakan kepada awak media, pihaknya telah melakukan komunikasi kepada pihak-pihak terkait, seperti Sekda, Asisten Bupati dan Bappeda Banyuwangi, mengenai target Sekardadu agar bisa mengikuti kompetisi Sinovik di tahun yang akan datang.

“Kami berharap tahun depan Sekardadu bisa kita ikutkan Sinovik. Tentunya perlu penajaman-penajaman, perlu upgrade dalam segala hal. Upgrade itu salah satunya jangkauan. Misalnya kemarin 1 SD mengampu 200 meter, SMP 500 meter. Itu nanti secara kuantitas, yang exciting nanti bisa kita tambah menjadi 300 meter,” ujar Guntur, Kamis (14/12/2023).

Dirinya juga menambahkan, tentang penambahan radius, yang semula 1 km, rencananya akan ditambah menjadi 1,5 km atau 2 km. Dengan banyaknya radius itu, nanti semakin banyak yang tercover. Semuanya itu, kata Guntur, nantinya akan dirumuskan demi menjaga kebersihan sungai di wilayah masing-masing yang di mulai dari anak-anak SD, SMP, SMA dan Mahasiswa.

“Tujuan visi Sekardadu ini sebenarnya ingin merubah mindset, perilaku behavior masyarakat. Kita mendidik kader-kader Sekardadu itu untuk bisa memahami sumber daya air, termasuk mengenai kebersihan, sampah dan sebagainya. Kami optimis kalau perubahan itu di mulai dari anak-anak. Mereka sejak kecil tidak buang sampah sembarangan, mau membersihkan sampah, insya Allah hal itu akan terbawa sampai besar,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga selesai itu, selain dihadiri Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo, hadir pula Sekdin DPU Pengairan Riza Al Fahroby beserta Kabid, Ketua Dharma Wanita DPU Pengairan Linna Kurniawati, serta ratusan pegawai DPU Pengairan Banyuwangi.

Pada kesempatan tersebut, berbagai macam apresiasi pengairan award telah diberikan oleh DPU Pengairan Banyuwangi bagi para pegawai yang berprestasi, antara lain Korsda dengan pelaksana program Sekardadu terbaik, Korsda paling inovatif, Korsda branding terbaik, dan lain-lain.

(Boby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *