Dandim Tinjau Langsung Lokasi Bencana Longsor Di Somagede

Banyumas – jurnalpolisi.id

Bencana tanah longsor yang melanda Rumah warga di Desa Klinting RT 05/01 Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas, telah memakan korban jiwa. Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., bersama para Perwira Staf yang didampingi Forkopincam Somagede meninjau TKP dan tempat pengungsian warga. Rabu sore 6/12/2023.

Pada kesempatan itu Dandim menyampaikan longsor yang memakan korban jiwa tersebut terjadi di wilayah teritorial Kodim 0701/Banyumas akibat hujan deras dengan intensitas tinggi diwilayah tersebut.

Akibat bencana longsor tersebut ada rumah warga rusak berat karena tertimpa tanah longsor dan terbawa sampai ke jalan karena lokasinya dekat dengan tebing yang longsor, serta material tanah longsoran juga menutup akses jalan Kabupaten sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui. ucapnya.

Atas kejadian tersebut, kata Dandim 0701/Banyumas sudah menerjunkan sejumlah personel bersama relawan, BPBD, Polri dan masyarakat setempat serta empat alat berat untuk membersihkan jalan dari longsoran tanah. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi agar bantuan logistik segera di droping untuk warga yang mengungsi.

Dandim juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di lokasi bencana agar selalu waspada mengingat sudah memasuki musim hujan. Bahkan di sejumlah tempat yang sudah dilanda longsor dan banjir seperti Kemranjen, Rawalo, Banyumas, Cilongok dan sepanjang bantaran Sungai Serayu harus siaga bencana” katanya. Selain itu, masyarakat terus mencermati potensi hujan dan tanggul sungai untuk mengantisipasi bencana banjir atau longsor yang tak terduga.

Kodim 0701/Banyumas akan menyiagakan personil dan alat berat untuk mengantisipasi adanya bencana diwilayah Kabupaten Banyumas, Dandim menghimbau masyarakat selalu waspada dan bersikap proaktif untuk membantu melaporkan setiap adanya bencana yang ada di lingkungan sekitar supaya cepat mendapat penanganan cepat dari instansi terkait.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *