Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023, Polres Purbalingga Siap Amankan Nataru

Purbalingga – Polda Jateng – jurnalpolisi.id

Polres Purbalingga menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2023 di halaman mapolres, Jumat (22/12/2023) sore. Apel sebagai wujud kesiapan Polres Purbalingga dan stakeholder terkait dalam pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru).

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan didampingi Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan Danyon 406 Letkol Inf. Edward Deru Saka Samosir. Kegiatan diikuti oleh personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga.

Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan dalam amanatnya membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Isi amanat diantaranya apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama operasi.

“Sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 dapat berjalan dengan optimal,” kata kapolres membacakan amanat.

Disampaikan perayaan Nataru tahun ini bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024. Sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, dalam pengamanan Nataru, Polri Polri didukung TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023.

“Operasi akan dilakukan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024,” tegasnya.

Kapolres menyampaikan pesan dalam amanat agar menjadikan tugas pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggan. Selain itu niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.

Dari data, dalam rangka Operasi Lilin Candi 202 Polres Purbalingga menyiapkan 252 personel pengamanan. Selain dari kepolisian, pengamanan dibantu oleh personel dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan/PMI, BPBD, Damkar, SAR dan Pramuka.

Disiapkan enam pos pengamanan yaitu Pos Pengamanan Terpadu di Alun-alun Purbalingga, Pos Pengamanan Rest Area Ceng Ho dan Pos Pengamanan Rest Area Karangreja. Selain itu Pos Pengamanan GKI, GKJ dan Gereja Santo Agustinus.

Selanjutnya, Pos Pemantauan ada di Pos Bobotsari, Simpang Tiga Selaganggeng, Simpang Empat Patemon, Simpang Empat Sirongge, Pos Bukateja dan Pos Jompo. Pos Pengamanan Objek Wisata ada di Golaga, D’las, Owabong, Sanggaluri Park, Pemandian Tirto Asri dan Purbasari Pancuran Mas.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *