Mengenang dan Memaknai Hari Pahlawan

www.jurnalpolisi.id

Beberapa hari lagi kita akan memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November yang tahun ini, dan mengenang peristiwa Heroik yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya,semangat para pejuang bangsa memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia, dan Kota Surabaya di kenal juga sebagai Kota Pahlawan.

Memperingati hari pahlawan dimaksudkan untuk mengenang bagaimana semangat juang yang telah dilakukan para pahlawan pada saat itu dan nilai-nilai perjuangan merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap bangsa Indonesia.

Memperingati Hari Pahlawan tahun 2023,dilansir dari Laman Kemensos dengan tema besar “Semangat Pahlawan untuk masa depan bangsa,dalam memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”

Kalau dicermati Tema hari pahlawan tahun ini menunjukan adanya suatu sikap,semangat dan tanggung jawab generasi penerus bangsa untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera sebagaimana yang dicita-citakan dengan memerangi kebodohan dan kemiskinan.

Dalam perspektif tersebut menunjukkan melalui tema tersebut terdapat semangat bagaimana peningkatan kualitas sumber daya manusia dan perekonomian masyarakat. Dimana permasalahan tersebut dapat dikatakan sebagai upaya untuk menuju Indonesia Maju dan unggul pada masa yang akan datang.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia yang nantinya dibutuhkan dalam pembangunan, peran,tugas dan fungsi guru dalam mencerdaskan anak bangsa memberikan kontribusi yang besar dalam aspek memerangi kebodohan,ada sebutan Guru adalah pahlawan tanpa jasa dimana guru mendidik dan mengajar kita bukan saja menulis dan membaca serta memberikan ilmu pengetahuan, nilai-nilai etika,sopan santun serta banyak hal yang telah diberikan guru dalam mendidik kita,sehingga bagi kita tidak ada istilah mantan guru sebab sampai kapanpun kita tetap mengatakan dia guruku.

Dalam perspektif memerangi kemiskinan sebagai bagian dari tema besar hari pahlawan tahun ini,
Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia juga memiliki kolerasi dengan masalah kemiskinan dalam arti kata meningkatnya sumber daya manusia salah satu upaya untuk memerangi kemiskinan, dimana dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki akan dapat meningkatkan kesejahteraan,dalam makna dengan ilmu pengetahuan yang ada akan mampu berusaha,mencari peluang dan kesempatan kerja yang lebih baik dari segi pekerjaan yang nantinya bermuara pada memperoleh pendapatan yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan melalui penghasilan yang diperoleh dari bekerja nantinya.

Memaknai hari pahlawan tanggal 10 November yang kita peringati setiap tahunnya, menjadi pemompa semangat dan mengambil nilai-nilai perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan bangsa, sebab pahlawan adalah”Orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbananya dalam membela kebenaran,atau pejuang yang gagah berani”(Sumber Wikipedia).

Dari pengertian tersebut memberikan gambaran pahlawan merupakan pejuang yang gagah berani yang rela berkorban dalam membela kebenaran. Mari kita jadikan peringatan hari pahlawan dengan nilai-nilai perjuang para pahlawan bangsa untuk membangun bangsa Indonesia tercinta.. Penulis sofyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *