Menekuni dan Memaknai Serta Menikmati Hobby

Bengkalis – jurnalpolisi.id

Salah satu keasyikan tersendiri pada saat di pagi hari bunga yang ditanam,dirawat berbunga dengan berbagai aneka warna, ada kesenangan dan kebahagian tersendiri khususnya bagi yang hobby menanam bunga di sekitar pekarangan rumah.

Teringat dulu pada masa covid 19 salah satu aktivitas yang banyak dilakukan dengan menanam bunga dan membuat bibit bunga dan pot bunga laris manis dikala itu,hampir sama pula dengan masa-masa bomming musim baru dulunya, hampir disetiap daerah menjadi demam baru, dan malahan ada yang beralih usaha menjual batu dan ada pula yang mencari batu sampai daerah-daerah untuk dijadikan batu cincin dan ornamen lainnya.

Masa berlalu dan musim berganti,namun dalam perjalanan waktu terlihat mana yang benar-benar hobby dan mana yang sekedar ikut-ikutan dengan trend yang berlangsung pada waktu itu.

Kalau bicara hobby terhadap sesuatu hal, biasanya terus ditekuni sepanjang ada waktu senggang atau waktu luang,sebab hobby seseorang memang merupakan keinginan dan minat dari diri seseorang bukan hanya sekedar ikut-ikutan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) “Hobby adalah kata benda (noun) yang dapat diartikan kegemaran ; kesenangan istimewa mengisi pada waktu senggang dan bukan pekerjaan utama”

Dilihat dari arti kata hobby tersebut mengambarkan adanya kegemaran yang bersifat menyenangkan yang dilakukan pada waktu senggang atau luang yang tidak merupakan pekerjaan utama, hal ini dapat dimaknai hobby yang ditekuni akan memberikan ketenangan dan kesenangan tersendiri.

Namun dalam berbagai bentuk hobby yang ditekuni kadang-kadang ada pula yang dapat memberikan tambahan penghasilan yang ada kalanya produk hobby yang dilakukan ada pula diminati orang lain untuk memilikinya, misalnya hobby membuat tanaman bonsai, hobby memelihara burung dan sebagainya.

Biasanya seseorang yang menekuni suatu hobby tertentu bila ada yang berminat terdapat kesulitan dalam menentukan nilai nominalnya,sebab keberhasilan mewujudkan hobby sampai menghasilkan sesuatu yang menarik perlu waktu dan proses yang lama, dan biasanya memiliki sikap keberatan untuk menjualnya dengan berbagai pertimbangan,dim dan biasanya rasa sayang untuk menjualnya,begitulah kalau bicara hobby ditekuni dan dinikmati yang memberikan kesenangan dan kepuasan tersendiri atas hobby yang ditekuni tersebut.

penulis sofyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *