Kehadiran PKS PT. SMS Tebo Menjadi Manfaat Besar Buat Warga Sekitar

Tebo – jurnalpolisi.id

Terkait isu lingkungan, CSR dan rentanya isu pencemaran oleh limbah cair, pertambangan, pabrik plywood dan terutama oleh Pabrik Kelapa Sawit, Tim Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan Kehutanan (TMPLHK) Indonesia bekerja sama dalam tim gabungan Korwil BPN OMICC Provinsi Jambi adakan Penelitian dan sosialisasi terhadap perusahaan dan warga sekitar, terkait AMDAL, Isu Lingkungan hidup, CSR dan isu Pelanggaran PP no 38 tahun 2011 tentang sungai di wilayah Provinsi Jambi.

Hamdi Zakaria, A.Md Waka Korwil BPN OMIICC Provinsi Jambi yang notabene sebagai Ketua tim TMPLHK yang berhasil diwawancarai media ini mengatakan, “tim gabungan kami, selama ini telah turun di berbagai tempat, kali ini tim kami berada di seputaran are PKS PT. SMS yang keberadaanya di Kecamatan Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi sedari 21 November 2023 lalu” ungkap Hamdi.

Kehadiran tim TMPLHK Indonesia gabungan bersama OMIICC Provinsi Jambi di area PT. Selaras Mitra Serumah disambut baik dan sangat bersahabat oleh Humas Firman.

Menurut humas,”Firman, pengelolaan kolam limbah perusahaanya selama ini, sudah sesuai dengan SOP yang ada, anggota yang membidangi selalu membuat laporan harusnya, dan setiap 3 bulan sekali, pihak DLH turun lapangan.

Sepengetahuan saya, air limbah dari kolam pertama menuju kolam terakhir penuh proses yang pada akhirnya, air limah tersebut sampai di kolam terakhir selama 129 hari, air limbah yang dialirkan kemedian sungai, benar benar sudah diyakini sesuai dengan baku mutu yang ada, diantaranya kandungan BOD dan COD yang sudah memenuhi standar baku mutu, “ungkap Firman.

Selain proses pengolahan limbah yang sudah sesuai dengan SOP, selama ini juga telah pula melakukan kewajiban perusahaan terhadap lingkungan, diantaranya setiap tahun sudah menyalurkan kewajiban CSR kepada desa imbas sekitar,”pungkas Humas Firman.

Berselang di luar lokasi perusahaan, beberapa warga sekitar yang berhasil di temui awak media ini, juga membenarkan, bahwa PKS PT. SMS selama ini selalu perhatian terhadap warga sekitar, terutama saat mengajukan proposal kegiatan warga pada hari-hari besar, pihak PT.SMS selalu membantu, ungkap warga.

Dilain tempat, warga yang ditemui media ini juga mengatakan hal yang sama, menurut warga ini, kami sangat bersyukur atas kehadiran PKS PT. SMS ini, banyak sekali manfaat yang kami rasakan, selain warga yang mendapat tempat pekerjaan baru, warga juga tidak pergi jauh lagi menjual hasil panen kebun kami. Karyawan bongkar muat saja, rata rata di rekrut dari warga sekitar pabrik, pengakuan warga.(mides)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *