TMMD Reguler ke – 118 Tahun 2023 Resmi Dimulai

Kendal – jurnalpolisi.id

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke – 118 resmi dimulai per tanggal 20 hingga 19 Okteber mendatang dengan target Sasaran Fisik dan Non Fisik, Rabu (20/9/2023).

Sekeretaris Daerah Kendal Sugiono mewakili Bupati Kendal bersama Komandan Kodim 0715/ Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii melakukan penandatanganan berita acara kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 118 Tahun 2023 di Desa Purwogondo Kecamatan Boja.

Komandan Kodim 0715/ Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii menyampaikan latar belakang dipilihnya pelaksanaan TMMD di Desa Purwogondo adalah masih terisolirnya desa yang berada di wilayah tersebut dan membutuhkan akses jalur bagi desa termasuk peningkatan sarana transportasi.

“Masih adanya kawasan di Desa Purwogondo yang tentunya memerlukan akses jalan, dan ini yang menjadi dasar kita untuk memilih lokasi pelaksanaan TMMD,” jelas Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii.

Adapun pelaksanaan TMMD menargetkan 2 sasaran yaitu Fisik dan Non Fisik. Untuk sasaran Fisik menargetkan pengecoran jalan sepanjang 1200 Meter, Lebar 3 Meter, Tebal 12 CM.

Kemudian terdapat pembangunan gorong – gorong dua titik dan pembangunan talud sandaran sepanjang 200 meter. Baksos turut dilakukan pembangunan 9 unit RTLH dan 2 pos kamling.

Sementara sasaran non fisik adalah Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan KB Kesehatan, Penyuluhan Pengelolaan Sampah dan Penyuluhan Pariwisata.

Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii berharap dengan adanya TMMD Reguler 118 Tahun 2023 dapat memberikan dampak positif terutama dibidang ekonomi. “Dengan adanya pembangunan jalan nanti, tentu diharapkan dapat meningkatkan pergerakan ekonomi menjadi lebih lancar,” imbuh Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii.

Sementara Sekda Kendal menyampaikan pesan Bupati Kendal Dico M. Ganinduto kepada warga Desa Purwogondo untuk dapat ikut menjaga dan merawat hasil pembangunan jalan, dan mampu memanfaatkan akses jalan menjadi jalur perekonomian.

Lebih lanjut pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI yang telah membantu ikut serta membantu pemerintah khususnya dalam hal pembangunan infrastruktur di area yang terbilang sulit dijangkau.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk dapat menjaga jalur yang telah dibangun ini, dengan ini tentunya akses menjadi lebih lancar dan semoga memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar,” terang Sugiono dalam membacakan pesan Dico M. Ganinduto.

Pada kesempatan itu, usai melaksanakan upacara pembukaan Sekda beserta Komandan Kodim 0715 dan jajarannya meninjau lokasi pengecoran serta melakukan tebar benih ikan. Terkait pendanaan didukung dari APBD Provinsi sebesar 191 juta, APBD Kabupaten 550 juta Banprov 200 juta dan RTLH 100 Juta.

Reporter : Doni Kurniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *