Pesona lokasi rencana explorasi panas bumi di Kab Semarang menyimpan pemandangan yang sangat indah

Semarang – jurnalpolisi.id

Fenomena pemandangan yang sangat luar biasa dan sangat menawan di titik lokasi terkait tindak lanjud rencana Proyek Exsplorasi Panas Bumi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang berlokasi di Dusun Tlompak Desa Wirogomo Kec Banyubiru Kab Semarang Candi Umbul Telomoyo,
Sebagaimana sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh PT. Geo Dipa Energi selaku stakeholder pada 17 Juli 2023 yang dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat dan pemerintah desa di Aula Kecamatan Banyubiru. Sosialisasi tahap awal yang dilaksanakan dan di hadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang, Suratno, SH.MH, PT Geo Dipa Energi selaku stakeholder, Scofindo selaku konsultan lingkungan, Forkopincam Banyubiru mendapat respon serta beragam tanggapan dari berbagai elemen masyarakat yang hadir,tokoh masyarakat serta adat Desa Kebondowo yaitu Dr. H. Anis Supriyadi, atau yang akrab di panggil “Anis”Saat di temui awak Media Jurnal Polisi.id di Kantor Posko mengatakan
Terkait dengan rencana explorasi panas bumi di WKP Candi umbul Mulyo Kec Banyubiru dapat kita sampaikan bahwa titik yang ada di wilayah Dusun Tlompak Desa Wirogomo sekitar wilayah tersebut adalah daerah yang subur dan memiliki panorama yang sangat indah yang mempunyai akses jalan secara langsung menuju obyek wisata Telomoyo,
Dimana titik yang direncanakan tidak jauh dari pemukiman penduduk setempat, Kemungkinan titik lokasi yang direncanakan adalah milik warga setempat, sementara warga juga sebagian sudah mendapat sosialisasi yang pertama dibalai Desa setempat.

Dengan adanya posko pengaduan masyarakat yang sudah Kami siapkan dapat menerima semua aduan aduan masyarakat yang timbul terkait rencana pelaksanaan explorasi panas bumi tersebut. Himbauan saya jangan sampai kegiatan exsplorasi panas bumi ini tidak terpantau oleh dinas-dinas terkait baik itu tngkat kabupaten dan provinsi harus turut hadir memberikan sosialisasi, diskusi terbuka dengan masyarakat serta benar-benar melakukan kajian dan pengawasan yang mendalam sebagaimana Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Semarang. Amdal harus sejalan dengan Mitigasinya secara kontinyu, jangan sampai mitigasi hanya dilakukan diatas meja saja, supaya proyek tersebut nantinya benar-benar aman, nyaman dan bermanfaat untuk masyarakat’: tegas Dr. H. Anis Supriyadi.

Beliau ( Anis ) adalah mantan ketua komisi A. DPRD Kabupaten Semarang, maka tidak salah dan sudah barang tentu jika sikap kritisnya tersebut adalah bentuk kontrol sosial akan tanggung jawabnya, serta kepedulian akan dampak yang semisal terjadi dikemudian hari.
Dalam wawancara Anis menambahkan.

Dari tanggung jawab besar sebagai tokoh dilingkunganya, baik segi sosial serta kebudayaan tersebutlah maka, Anis menginisiatori terbentuknya pos koordinasi atau posko masyarakat di Rumahnya, Lingkungan Kauman, desa Kebondowo. Rumah Pos Koordinasi harapanya nanti dapat menampung aspirasi dan informasi bagi masyarakat yang terdampak proyek explorasi panas bumi, serta menjadikan wadah bagi kepentingan dari berbagai pihak, baik masyarakat Banyubiru Wirogomo dang wilayah lainya yang terdampak dan pada umumnya maupun pemangku kepentingan yang lainya.

Harus di akui dan disadari bersama oleh berbagai pihak, dalam kebijakan memanfaatkan dan mengembangkan sumber energi panas bumi atau geotermal memang bukanlah hal yang mudah, tentu ada resiko eksplorasi, isu lingkungan hidup dan yang paling pentingnya lagi adalah, para pihak serta pemerintah melaksanakan kebijakan yang tepat, sehingga akan benar-benar berdampak positif di masyarakat, bahkan dapat menjadikan masyarakat sebagai pihak yang paling diuntungkan sebagaimana amanat undang-undang Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 yang berbunyi, “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyatnya”

(Kordinator liputan Jateng & Diy ( Bendoz )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *