Lanal Dumai Gagalkan Penyelundupan Ballpress 700 Koli dengan Berat 56 Ton dari Malaysia

Rokan Hilir – jurnalpolisi.id

Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai gagalkan penyeludupan Ballpress sebanyak 700 Koli dengan berat 56.000 Kg (56 Ton) di perairan Pulau Halang Rokan Hilir (Rohil), Kamis (21/9/2023).

Ballpress tersebut dibawa oleh Kapal Motor KM. Rifqi Wijaya GT. 34 dan tidak dilengkapi dokumen yang sah.

Dalam sesi berita acara dan serah terima ke KPPBC atau BC Dumai di Pelabuhan TNI Bangsal Aceh,Kota Dumai, Danlanal Kolonel Kariady Bangun mengatakan penangkapan KM. Rifqi Wijaya GT. 34 berawal dari informasi intelijen pada hari Selasa 19 September 2023 sekira pukul 22.00 WIB.

Press Release Serah Terima Penangkapan Ballpress di Pelabuhan TNI AL Bangsal Aceh Kota Dumai
Informasi tersebut, kata Danlanal, yakni akan adanya rencana penyelundupan Ballpres yang masuk ke wilayah kerja Lanal Dumai.

“Berdasarkan informasi itu, kita kerahkan, Posal Bagansiapiapi, Posal Sinaboi, F1QR Lanal Dumai serta Kal Tedung I-1-37 untuk melakukan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid),” ucapnya.

Selama 12 jam pencarian, lanjut Danlanal, akhirnya pada Rabu 20 September 2023 sekira pukul 09.30 WIB tim berhasil menemukan dan mengamankan KM. Rifqi Wijaya GT. 34 di perairan Pulau Halang Kab. Rokan Hilir Riau.

“Setelah ditemukan, selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan oleh Kal Tedung I-1-37,” jelasnya.

Berdasarkan pemeriksaan KM. Rifqi Wijaya dengan GT. 34 NO.1234/PPE berbendera Indonesia yang membawa 700 Koli Ballpress seberat 56 Ton ini berasal dari Port Klang Malaysia dengan tujuan ke Bagansiapiapi, Rohil dan tidak memiliki dokumen yang sah.

“Dari penangkapan ini, 6 Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai ABK Kapal kita amankan, nama pemilik Kapal diduga berinisial SI, sedangkan agen dari PT. TDS Titian Daya Sejahtera,” ungkapnya.

Keterangan Nakhoda
Dari Keterangan Nakhoda berinisial MZ, kata Danlanal lagi, Ballpress tersebut di muat dari Port Klang Malaysia dengan tujuan Bagansiapiapi.

Dalam sesi penandatanganan serah terima ini langsung diterima Kepala KPPBC Dumai, Tommy dan turut dihadiri Walikota Dumai yang diwakili Sekda, Indra Gunawan, Kajari Dumai Augustinus, Kapolres Dumai diwakili AKP Masrial, Dandim Dumai yang diwakili Kapten Sitorus, Pasintel Mayor Kamaluddin serta Dansatradar diwakili Letda Zulhendri.

Kabiro Panca SITEPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *