Anggota Koramil 05/RM dan MPA Patroli Antisipasi Karhutla di Kepenghuluan Jumrah

RIMBA MELINTANG Rohil – jurnalpolisi.id

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diwilayah Desa binaan Anggota Koramil 0321-05/RM Serda Sarudi bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) desa jumrah Mus mulyadi melaksanakan kegiatan patroli dan pencegahan karhutla di wilayah Kepenghuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rohil, pada titik koordinat: 1°47’21,242″N 101°1’37,77″E,
Senin (18/9/2023).

“Hari ini bersama-sama MPA kita melakukan patroli mengantisipasi Karhutla,” kata Danramil 05/RM, Kapten Arh Iswandi Melalui Serda Sarudi kepada Jurnal Polisi Id usai kegiatan.

Selain melakukan patroli kata Serda sarudi dan sesuai arahan pimpinan agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan pihaknya juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian. Tidak dibenarkan membuka lahan dengan cara dibakar.

“Karhutla, penyebabnya membakar sampah di lahan gambut atau membuang puntung rokok diareal gambut,” tutur Sarudi.

Dia mengatakan hingga saat ini belum terjadi Karhutla, namun patroli dan sosialisasi itu sebagai upaya antisipasi.

Sementara itu, MPA Jumrah Musmulyadi mengimbau agar masyarakat mengantisipasi Karhutla, karena cuaca tidak menentu, sekarang ini cuaca panas dan kemarau rawan terjadinya Karhutla.

“Kesadaran masyarakat untuk mengantisipasi Karhutla lebih baik. Saat ini untuk wilayah Jumrah tidak di temukan titik api,” pungkas Musmulyadi

Kabiro Panca SITEPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *