438 Tenaga Pendidik Kecamatan Gemuh Ikuti Program Pengembangan Karir

Kendal- jurnalpolisi.id

Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal melaksanakan program Pengembangan Karir dan Kesejahteraan Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Jenjang KB, TK, SD, dan SMP di Kabupaten Kendal, Jumat (31/8/2023).

Pelaksanaan program pengembangan karir bagi para guru se Kecamatan Gemuh dipusatkan di Gedung serba guna Desa Lumansari.

Kurang lebih 438 orang guru pendidik mengikuti acara tersebut dengan menghadirkan narasumber ternama, yaitu Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan SDM Azzam Learning Center, Ulum Azam, M.Pd yang akan melatih para guru untuk menjadi guru yang Produktif dalam membuat karya-karya ilmiah.

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan SDM Azzam Learning Center, Ulum Azam mengatakan, bahwa melalui program yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, terdapat tindak lanjut sesuai dengan arahan Bupati Kendal untuk memberikan pemahaman kepada para guru di Kabupaten Kendal terkait dengan cara strategis guna mengembangkan kapabilitas yang muaranya pada peningkatan kualitas pendidikan.

“Ini merupakan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal untuk memajukan Kualitas pendidikan di Kabupaten Kendal, tentunya diawali dari peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para guru terlebih dahulu,” ujar Azam.

Menurut Azam, kualitas SDM para guru ini akan meningkat jika mendapatkan media intervensi yang tepat dan pelatihan yang tepat, sehingga nantinya kami akan memberikan pendampingan sesuai dengan kebutuhan para guru, baik itu pelatihan-pelatihan, seminar literasi, pendampingan membuat artikel, karya Ilmiah dan lain sebagainya, sehingga para guru karirnya bisa lebih meningkat dan tentunya kesejahteraannya juga ikut meningkat.

Sementara pada kesempatan itu Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Kendal telah memberikan perhatian kepada peningkatan SDM dan juga kepada tenaga pendidik melalui Perbup nomor 77 tahun 2022.

“Perhatian tentu saya fokuskan pada pengembangan SDM termasuk juga kepada para pendidik, maka dari itu ada Perbup nomor 77 yang berisi tentang kebijakan daerah dalam rangka mendukung program penggerak di Kabupaten Kendal,” ujar Dico M. Ganinduto.

Adapun Bupati Kendal turut menyampaikan, jika Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan salah satu jalan untuk pengembangan karir bagi Guru dan juga membantu Pemerintah Daerah dalam menyiapkan para pemimpin pendidikan, pengembangan guru untuk implementasi pembelajaran yang berpusat kepada murid dan menjadi teladan serta agen transformasi ekosistem pendidikan.

Sementara itu upaya Pemerintah Kabupaten Kendal dalam memberikan mutu layanan pendidikan salah satunya adalah peningkatan kompetensi guru melalui program Pendidikan Guru Penggerak, Sekolah Penggerak dan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Dari segi Kesejahteraan, Pemkab Kendal terus memberikan perhatian kepada tenaga pendidik KB, TK, SD dan SMP Non PNS melalui Bantuan Operasional Sekolah Pendamping dan tambahan Kesejahteraan bagi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di satuan Pendidik Swasta jenjang PAUD (KB/TPA/TK), SD dan SMP.

Doni Kurniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *