Rangkaian Semarak HUT RI ke 78 Pemerintahan Kota Bukittinggi

Bukittinggi- jurnalpolisi.id

Semarak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 tahun 2023. Pemerintah kota Bukittinggi yang dikepalai oleh Erman Safar merangkul semua instrumen yang ada di kota Jam Gadang itu.

Pada Kamis (17/8/2023) pagi Pemerintah Kota Bukittinggi gelar upacara bendera di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam kota Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar pun bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara dan Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Terdapat sebanyak 54 Paskibraka Bukittinggi sukses kibarkan Sang Pusaka Merah Putih. Untuk petugas pengibaran bendera dilakukan oleh Tim Garuda Merah, pembawa baki dipercayakan kepada Nanda Gita Aurellia dari SMA 3 Bukittinggi.

Pendamping baki, Raisa Putri Adzani dari SMA 3 Bukittinggi, Pengibar Bendera, Abdul Hanif Basfi dari SMA 3 Bukittinggi, Penggerek Bendera Al Razzaq Ridho Arsi Rahman dari SMA 2 Bukittinggi. Danpok pasukan 8, Muhammad Rian Yogantara dari SMA 3 Bukittinggi. Denpas Kapten IPDA Jasmiwardi dan Daton Rehan Rahman dari SMA 2 Bukittinggi.

Erman safar (inspektur, red) menyampaikan, HUT ke 78 Republik Indonesia ini harus lebih dimaknai pada mempertahankan kemerdekaan itu sendiri.

Tema HUT ke-78 RI pada 17 Agustus 2023 ini yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju ini dapat merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju.

Pada kesempatan itu Wali Kota Bukittinggi menerima penghargaan Sertifikat Apresisasi dari Mentri Agama RI sebagai kepala daerah yang telah mendukung program penguatan fungsi penyuluh agama dan pembentukan kampung moderasi beragama.

Sedangkan penyerahan kendaraan roda dua untuk kendaraan operasional KUA se Kota Bukittinggi dari dana hibah Pemerintahan Kota Bukittinggi serta penyerahan dana CSR pendidikan dari Bank Nagari kepada pemerintahan kota Bukittinggi sebesar Rp 110 juta dan Defiden Tahun Buku 2022 sebanyak 7 miliyar lebih.

Pawai Obor Taptu

Sebelumnya, Rabu malam (16/8) telah dilaksanakan pawai obor Taptu dan dilanjutkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) untuk renungan suci demi mengenang jasa para pahlawan republik Indonesia terdahulu.

Walikota Bukittinggi Erman Safar tampak hikmat laksanakan renungan suci tersebut, bersama segenap unsur pimpinan kota Bukittinggi kegiatan di taman makam pahlawan kota itu.

Tradisi Malam pawai obor Taptu sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai, dengan cara melakukan perenungan dan berdoa.

Sebuah peringatan yang tidak hanya sekadar merayakan kebebasan dari penjajahan, tetapi juga momen refleksi dan renungan atas perjalanan panjang bangsa Indonesia menuju kemerdekaan yang seutuhnya.

Penurunan Bendera Merah Putih

Sebanyak 54 Anggota Tim Garuda Putih Paskibraka Bukittinggi pun sukses turunkan Bendera Sang Pusaka Merah Putih.

Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi Maad bertindak sebagai inspektur upacara dalam penurunan bendera merah putih, Kamis sore.

Tim Garuda Putih, pembawa baki dipercayakan kepada Cindy Fatika Mulya dari SMA 2 Bukittinggi. Pendamping Salsabila Wira Putri dari SMA Xaverius Bukittinggi.

Pengibar bendera, Hadi Nazmir dari SMA 5 Bukittinggi. Penggerek bendera, Aziz Zieco Fahara dari SMA 1 Bukittinggi. Danpok pasukan 8, Muhammad Qathan Asraf dari SMA 2 Bukittinggi. Danpas lettu Cpl Joni Marson dan Danton Ahda Givan Riansyah dari SMA 1 Bukittinggi.

Wakil Walikota, Marfendi, menyampaikan rasa bangganya dan mengapresiasi pelaksanaan penurunan bendera pada sore itu.

Meskipun diguyur hujan, tak mematahkan semangat para pasukan pengibar bendera untuk melaksanakan tugasnya dengan maksimal.

Setelah diturunkan, Bendera Pusaka Merah Putih kembali diinapkan di rumah dinas Walikota Bukittinggi. Dimana dalam upacara itu, Walikota langsung menerima Bendera itu dan kembali disimpan oleh pemerintah kota Bukittinggi.

Kemeriahan HUT RI ke 78

Dengan merangkul semua instrumen yang ada di tanah kelahiran proklamator Bung Hatta ini, Pemko Bukittinggi menghadirkan serangkaian kegiatan baik di instansi pemerintah maupun pelaku-pelaku UMKM. Hal tersebut dilakukan demi kesejahteraan masyarakatnya.

Perayaan HUT ke-78 RI di Bukittinggi tahun ini juga diramaikan oleh beragam kegiatan lainnya yang dapat diikuti oleh warga setempat, seperti pelayanan kesehatan gratis dan pesta rakyat yang diisi dengan berbagai perlombaan, hingga tradisi kearifan lokal.

Paripurna DPRD Bukittinggi

Juga sebelumnya Pemko Bukittinggi bersama DPRD beserta seluruh OPD mendengarkan Pidato Kenegaraan presiden Rabu (16/8) di ruang sidang DPRD Bukittinggi.

Walikota Bukittinggi Erman Safar juga apresiasi terhadap Hari Jadi Kemendagri yang ke 78.

“Selamat Hari Jadi Kemendagri yang ke 78,” kata Walikota Bukittinggi Erman Safar usai paripurna mendengarkan pidato kenegaraan presiden RI di aula kantor DPRD Kota Bukittinggi saat itu.

Ia mengatakan, Mendagri diharapkan menjadi poros pemerintahan di dalam negeri, selaku koordinator pembinaan pengawasan umum, penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Merdeka..!! Selamat dan sukses untuk kementerian dalam negeri. Wassalamu’alaikum, wr, wb,” ucap Wako Erman dengan penuh semangat.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dua pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, yang di tayangkan secara live di kantor DPRD Bukittinggi.

Walikota Bukittinggi Erman Safar dan Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi Maad beserta segenap unsur di ruang rapat Paripuna, selain dihadiri seluruh anggota DPRD, juga hadir unsur Forkopimda, SKPD dan undangan lainnya mendengarkan pidato tersebut. (Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *