Pemerintah Kota Dumai Bentuk Tim Reaksi Cepat (TRC)

DUMAI ,jurnalpolisi.id

Wali Kota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Dumai, H. Yusrizal, S.Sos, M.Si memimpin Rapat Pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Kota Dumai Dan Evaluasi Pelaksanaan Penanggulangan Karhutla Di Kota Dumai yang bertempat di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Rabu (02/08).

Rapat TRC ini merupakan bagian dari upaya serius Pemerintah Kota Dumai dalam menghadapi dan mengantisipasi berbagai bencana alam yang dapat terjadi di kota ini. Selain itu, evaluasi pelaksanaan penanggulangan Karhutla juga menjadi sorotan penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan dimana saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Dalam sambutannya Asisten I  H.Yusrizal, S.Sos, M.Si menegaskan pentingnya kehadiran dan peran TRC dalam menyikapi situasi darurat bencana dengan cepat dan efektif. Keberadaan tim ini diharapkan dapat memberikan respon yang tanggap dan tepat dalam mengurangi risiko serta dampak negatif dari bencana yang mungkin terjadi di Kota Dumai.

“Diprediksi kemarau tahun ini panjang sampai bulan Oktober dan telah disampaikan oleh Kabag Ops ada muncul beberapa titik api dan kita harus bergerak cepat dan diharapkan dengan adanya pembentukan tim gerak cepat ini dapat mengkordinir bencana-bencana lainnya,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama Plh. Kalaksa BPBD Kota Dumai Irawan Sukma, AP, M.Si juga menjelaskan bahwa Rapat tersebut merupakan langkah untuk membentuk Tim Reaksi Cepat lintas sektoral dan tim tersebut juga nantinya akan mengatasi bukan masalah Karhutla saja tapi persoalan bencana lainnya yang ada di Kota Dumai.

“Kami telah rapat dipusat dengan kajian bersama dan ini menjadi perhatian bersama, kita selalu berkoordinasi dengan Kementrian LHK untuk meneliti dan mensurvey wilayah yang terdampak bencana, banyak tugas-tugas  yang harus kita siapkan, dan masalah bencana ini bukan masalah yang sempele dan ini menjadi perhatian bersama dan juga persiapan kita dalam mengantisipasinya dengan membentuk tim TRC di setiap Kecamatan,” ucapnya.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut yaitu, Forkopimda, Camat dan Lurah, Manggala Agni, BPBD, Satpol PP, Instansi Vertikal, Unsur TNI dan Polri serta Perwakilan Perusahaan.

Penulis : Fitri ( Wakaperwil Riau )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *