Lurah Laksamana Dan Mahasiswa UNRI Gelar Senam Bersama Dan Pelatihan Untuk Warga .

DUMAI , jurnalpolisi.id

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) Tahun 2023 Penempatan Kelurahan Laksamana menggelar kegiatan Senam Bersama dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring, dilaksanakan di Halaman Kantor Lurah, Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, Minggu (30/7/2023).

Kegiatan tersebut melibatkan pihak Kelurahan Laksamana, ibu-ibu PKK Kelurahan Laksamana, dan mahasiswa kukerta kelurahan Laksamana. Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Lurah Laksamana Sutino, S.Sos.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan di awali dengan senam bersama yang berlangsung semangat dan penuh rasa antusias. Kemudian, dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan sabun cuci piring yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu PKK terhadap penggunaan bahan-bahan kimia dalam proses pembuatan sabun sekaligus sebagai peluang usaha baru bagi warga setempat.

Sekar Puspita Ningrum, selaku mahasiswa penaggung jawab kegiatan mengungkapkan, kegiatan senam bersama dan pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh, mempererat silaturrahmi dan rasa kekeluargaan antar tim kukerta dengan masyarakat kelurahan Laksamana. 

“Sedangkan pelatihan ini kami kami adakan dengan harapan menambah pengetahuan dan pemahaman Ibu-Ibu tentang penggunaan bahan kimia dan pemanfaatannya serta dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat,” ucap mahasiswi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNRI.

Lebih lanjut diterangkan Sekar, terkait  pembuatan sabun cuci piring, bahan-bahan kimia yang digunakan dalam pembuatannya yaitu, texapon yang berfungsi untuk mengangkat lemak dan kotoran, Sodium Lauryl Sulfat (SLS) dan garam untuk mengentalkan dan menambah busa, EDTA2Na yang berfungsi untuk pengawet, dan pewarna untuk memberikan warna pada sabun agar menarik. 

Pada saat kegiatan demonstrasi berlangsung, tim kukerta mengajak salah seorang ibu PKK Kelurahan yang hadir untuk ikut mencoba membuat sabun sesuai arahan tim kukerta. 

“Setelah seluruh bahan telah tercampur, cairan cuci piring didiamkan selama 12 jam hingga busanya hilang agar sabun dapat digunakan dengan maksimal. Setelah 12 jam, cairan sabun dikemas di dalam botol dan diberi label kukerta UNRI 2023 Kelurahan Laksamana,” imbuhnya.

Sebelumnya, tim kukerta telah membuat sabun cuci piring untuk dapat dibagikan secara langsung setelah pelatihan selesai. Sabun yang telah di-packing dibagikan kepada Lurah dan ibu anggota PKK yang hadir. Selain itu, tim kukerta juga membagikan sabun cuci piring tersebut kepada RT, para kader, dan warga.

Atas kontribusi nyata yang disalurkan kepada warganya, Lurah Laksamana, Sutino mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa/i Kukerta UNRI yang mengabdi di wilayah administratifnya.

“Terima kasih kepada ananda mahasiswa sekalian yang telah menggelar kegiatan positif yakni, senam bersama dan sosialisasi sekaligus praktik pembuatan sabun cuci piring. Tentunya ini bisa menjadi peluang usaha minimal untuk pemakaian sehari-hari bagi ibu-ibu di Kelurahan Laksamana,” tuturnya.

Ia menilai para mahasiswa yang mengabdi di Laksamana mampu membaur dan berinteraksi dengan warga, itu dibuktikan dengan keterlibatan mereka di berbagai kegiatan baik yang diinisiasi oleh pemerintah, warga maupun inisiasi mereka sendiri.

“Kegiatan yang ananda-ananda taja ini adalah wujud nyata dari kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi warga Laksamana. Kami berharap kegiatan-kegiatan lainnya dapat dihadirkan. Jadikan kukerta kalian sebagai sarana implementasi pengetahuan yang telah diperoleh di kampus dan pastinya berkesan bagi kalian pribadi, tim kukerta, dan bagi kami masyarakat Dumai di Kelurahan Laksamana,” pungkasnya.

Penulis : Fitri ( Wakaperwil Riau ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *