Laksamana TNI Muhammad Ali Meresmikan Gedung Baru Markas Komanndo Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai

Dumai – jurnalpolisi.id.

Kepala Staf Angkatan Laut ( Kasal ) Laksamana TNI Muhammad Ali Meresmikan Gedung Baru Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut ( Lanal ) Dumai yang didampingi oleh Gubernur. Riau Drs.H. Syamsuar,M.Si. Kegiatan Peresmian ini bertempat di halaman Mako Lanal Dumai Jalan Yos Sudarso No.1 Dumai, Jumat (004/08/2023 ).

Dalam sambutannya Kasal menyampaikan bahwa TNI AL sebagai garrrda terdepan dalam pertahanan Maritim memiliki ciri khas tersendiri dalam kekuatan militernya, yaitu dalam hal sistem senjata armada terpadu, terdiri dari armada kapal perang, pasukan Marinir, pesawat udara dan pangkalan. Sehingga memiliki pangkalan dengan sarana yang lengkap mutlak harus dimiliki TNI AL dalam mendukung unsur -unsur yang berada di Medan operasi.

Lebih lanjut dikatakan oleh Kasal, ini merupakan momen bersejarah bagi TNI AL, Karena buah hasil dari kerja sama dan sinegitas yang baik dengan Pemerintah Provinsi Riiau, TNI AL kini memiliki. Bangunan Mako dan fasilitas pendukung yang lengkap dan modern.

” Gedung Mako yang baru ini pembangunannya memakan biaya yang cukup besar sebesar Rp 43,4 M adalah bantuan dana APBD Pemerintah Provinsi Riau. Gedung Mako ini bukan hanya sebuah bangunan fisik, tetapi juga merupakan simbol kekuatan, keberanian dan dedikasi para prajurit TNI AL yang berjuang untuk melindungi dan menjaga keamanan di wilayah kerjanya,” pungkas Laksamana TNI Muhammad Ali .

Pembangunan serta renovasi Mako Lanal Dumai dilaksanakan selama 8 bulan terhitung sejak bulan April 2022 sampai dengan Desember 2022. Selain itu juga dibangun infrastruktur pendukung lainnya seperti Gedung Wijaya Kusuma, Gedung Jalasenasri, tiang bendera pos jaga depan, gerbang dan pos pantau 2 unit, drainase, halaman upacara, pagar pembatas.

Turut hadir dalam acara peresmian Gedung Mako tersebut Pangkoarmada RI, Pejabat Utama TNI AL, Kadis Mabesal, Danlantamal I dan Forkopimda Provinsi Riau beserta para undangan lainnya.

Usai acara peresmian Gedung Mako Lanal Dumai,, Kasal beserta Ketua Umum Jalasenasri dan Pejabat Utama. TNI AL dan Walikota Dumai juga meresmikan renovasi Gedung TK. Hang Tuah Dumai.

Penulis : Fitri ( wakaperwil Riau ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *