Anggota Koramil 0321-05/RM Berjibaku Padamkan Karhutla di Teluk Bano 1

BANGKO PUSAKO – jurnalpolisi.id

Enam anggota Koramil 0321-05/RM yang dipimpin Serka Syarial bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil yang dipimpin Abdul Rojak melaksanakan kegiatan pemadaman api di wilayah Teluk Bano 1, Kepenghuluan Sungai Pinang, Kecamatan Kuba Babusalam, Kabupaten Rokan Hilir dengan titik coordinat 1°53’50,868″N 100°47’8,022″E, Kamis (3/8/2023) petang kemarin.

“Kamis siang semalam 6 anggota kita lakukan pemadaman Karhutlah diwilayah teluk bano 1. Diduga asal api berasal dari lahan milik warga yang terbakar. Lahan dengan luas diperkirakan 1 hektar itu milik warga berupa lahan gambut,” kata Danramil 05/RM, Kapten Arh Iswandi Sikumbang didampingi Serka Syahrial kepada Haluanriau.co, Jumat (4/8/2023).

Dikatakan Danramil persoalan ini masih dalam penyelidikan aparat berwenang. Danramil juga mengaku belum tahu pasti penyebab kebakaran. Terlebih apakah disengaja atau tidak. Namun, dengan kejadian ini diharapkan tetap waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas di lahan masing-masing.

“Areal yang terbakar merupakan lahan gambut dan cuaca panas serta angin kencang membuat tim terus berjibaku memadamkannya. Meski begitu Alhamdulillah berkat kerjasama Tim dibantu warga Api dapat dipadamkan,” terang Kapten Arh Iswandi.

Kepada masyarakat kata Danramil pihaknya menghimbau agar warga tidak membuang puntung rokok sembarangan terutama diareal hutan ataupun membersihakan lahan kebunya dengan tidak membakar terutama dilahan gambut.

Kabiro. Panca Sitepu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *