Pramuka Saka Bhayangkara Polres Tabanan Diberikan Latihan Ketrampilan Stek Batang Kopi

Tabanan, Senin 31 Juli 2023- jurnalpolisi.id

Menjadikan anggota Saka Bhayangkara cabang Tabanan mandiri, memiliki berbagai keterampilan, Seijin Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H., Kasat Binmas Polres Tabanan selaku pembina Pramuka Saka Bhayangkara cabang Tabanan, mengajak anggota Saka Bhayangkara untuk melakukan studi tentang tata cara melakukan pengembangan kopi dengan cara stek batang kopi. Hal ini dilakukan pada hari Minggu tanggal 30 Juli 2023 siang di Desa Jelijih Punggang, Kecamatan Pupuan – Kabupaten Tabanan.

Kasat Binmas Polres Tabanan AKP I Nengah Widia, S.H., M.H., mengatakan bahwa “kegiatan ini dilakukan adalah sebagai bagian dari program Bintibsos Binmas Polres Tabanan, untuk memberikan pengetahuan dan pengembangan SDM anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polres Tabanan. Yang bertujuan untuk memberikan latihan ketrampilan bagi anak anak generasi muda bangsa yang tergabung dalam Pramuka Saka Bhayangkara Polres Tabanan. Dari kegiatan ini diharapkan nantinya para anggota saka bhayangkara mampu mandiri dan bisa mengembangkan bagaimana cara melakukan stek kopi yang bisa menunjang perekonomian keluarga “. Ujar Kasat Binmas Polres Tabanan.

Kasat Binmas menjelaskan bahwa “kegiatan ini diikuti 20 Anggota Pramuka Saka Bhayangkara, dengan pemberi materi oleh Kepala BPD Desa Jelijih Punggang Bapak I Gede Oka Adnyana dan dua staf. Dalam pemberian materi ini disampaikan bahwa untuk melakukan stek batang Kopi dengan pembuatan stek res yaitu,

  1. Mencampurkan tanah dengan kompos 1-2 lalu dimasukkan kedalam polybag
  2. Memilih batang kopi yang akan digunakan stek res yaitu jenis kopi 308
  3. Memilih batang yang akan digunakan stek , tidak terlalu tua dan tidak terlalh muda
  4. Memotong bagian batang kopi yang akan digunakan untuk menyetek
  5. Lancipkan ujung batang kopi lalu olesi dengan obat growton, tanam batang kopi ke polybag yang telah berisi tanah , lalu disiram.
  6. Selanjutnya ditutup dengan pelastik bersih dan dilapisi lagi dengan paranet”. Ungkap Kasat Binmas Polres Tabanan

Hadir dalam kegiatan tersebut PS Kanit Bintibsos bersama anggota, Sekretaris Desa Jelijih Punggang Bapak I Wayan Agus Andika Jaksana Ketua BPD Bapak I Gede Oka Adyana beserta dengan 2 anggotanya dan Bhabin kamtibmas desa Jelijih Punggang.

Basuni JPN Humas Polres Tabanan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *