Pesan Wakil Wali Kota Bukittinggi Bagi Peserta Khatam Al quran Laki Laki Agar Diberi Gelar Adat⁹

Bukittinggi, jurnalpolisi.id

Perayaan khatam al Qur’an merupakan momen yang sangat dinantikan para santri TPQ merupakan tradisi ini berbentuk upacara perayaan bagi santri/murid yang telah menamatkan atau menyelesaikan pelajaran terkait ilmu Al-Qur’an.

Baik dari cara membacanya maupun pemahamannya terhadap Al-Qur’an yang telah diajarkan oleh ustadz atau guru mereka, sebagaimana kegiatan yang berlangsung di Mesjid Mukhlisin Manggih Bukittinggi, Minggu, 02/07/2023

Dt. Pucuak selaku tokoh adat mengatakan, ” Kami mewakili ninik mamak sangat mengucapan terima kasih kepada pengurus dan guru MDTA Mesjid Mukhlisin.

Yang selama ini mandidik dan mengajari anak anak kita memembaca al quran, agar masa yang akan datang generasi muda kita dapat menjadi generasi yang qurani “. Ucapnya.

Acara Khatam Alquran Turut di hadiri oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Wakil Wali Kota Bukittinggi Buya Marfendi dan anggota DPRD kota Bukittinggi H.Ibrayaser

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Bukittinggi Buya Marfendi sekaligus membuka khatam alquran mengatakan, ” sangat mengapresiasi pelaksanaan khatam alquran mesjid Mukhlisin Manggih.

Ini alek khatam alquran kalau bisa di lepas oleh mamak, kalau dapat peserta laki laki di kasih gelar adat, karena anak kalau sudah khatam al quran ia sudah baliq dan sudah bisa berbaur ke masyarakat, dan ini adalah sakral, ujar Wakil Wali Kota.

” umat islam hebat karena adanya alquran, lihat seperti negara negara luar anak usia dini sudah bisa penghafal quran, bukan han hanya negara luar di Unhas sendiri penghafal Alquran gratis biaya kuliah ” terang wawako .

Wakil Wali Kota juga menghimbau kepada orang tua mari kita didik anak anak kita setelah khatam al quran ini jangan lupakan al quran, dan mari kita ajak anak anak kita mengerjakan ibadah ke mesjid, imbuh wakil Wali Kota “.

” kita melihat tokoh tokoh Nasional dulunya berasal dari Bukittinggi, betapa hebat nya warga kota Bukittinggi, karena dasarnya adalah Alquran, rasullah sudah bersabda kepada umatnya, siapa anak anak nya yang penghafal al quran maka akan di letakkan mahkota ke kepala kedua orang tuanya “. Ujar Marfendi.

Lebih lanjut Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi mengatakan, ” Khatam alquran menjadikan basis bagi generasi muda baik segi mental dan spritual, kalau kita dekat dengan al quran membacanya dan memahami, apapun persoalan Allah akan memberikan jalan keluarnya “. Tutup Wawako.

Ahmad Fakhri selaku ketua pelaksana khatam al quran mesjid Mukhlisin Manggih menyebutkan, ” Pelaksanaan Khatam Al quran Mesjid Mukhlisin ini yang ke 49, dengan jumlah peserta 15 orang yang terdiri dari 11 orang laki laki 4 orang perempuan.

dalam pelaksanaan pawai MDTA Mesjid Mukhlisin tidak mendatangkan lagi Drumband dari luar, karena tahun ini MDTA Mukhlisin sudah memberdayakan generasi muda dengan alat drumband yang sudah ada bantuan dari anggota DPRD Kota Bukittinggi, terang Fakhri. ( Syafrianto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *