Pembukaan Tahap Penyaringan Bakal Calon Penghulu, Bupati Rohil : Saya Tekankan Semua Pihak Harus Netralitas.

Rokan Hilir – jurnalpolisi.id

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP secara langsung membuka tahap penyaringan Bakal Calon (Bacalon) Penghulu serentak tahap l tahun 2023 yang diselenggarakan di aula kantor Perkim, Senin (24/7/2023).

Tahap penyaringan Bacalon Penghulu tersebut meliputi tes membaca alquran bagi calon beragama islam dan tes memahami ajaran agama bagi calon non muslim serta tes tertulis dan wawancara.

Dalam hal ini Kadis PMD Yandra melalui Kabid Sugianto menjelaskan, bahwa pelaksanaan penyaringan tes Bacalon Penghulu tersebut yang meliputi tes membaca alquran bagi calon beragama islam. Namun tes memahami ajaran agama bagi calon non muslim pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Rohil.

Sementara kata Sugianto, untuk tes wawancara dan tertulis pihaknya akan bekerjasama dengan akademisi.

“Tahapan yang kita laksanakan saat ini merupakan lanjutan dari tahapan sebelumnya. Usai tahapan penyaringan ini baru nantinya penetapan Calon Penghulu,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP terlebih dulu menyampaikan selamat mengikuti rangkaian tes kepada seluruh Bacalon Penghulu.

Beliau juga menerangkan, bahwa sebelumnya syarat calon bagi para penghulu telah ada warkah dari LAMR Rokan Hilir.

”Untuk Kabupaten Rohil sendiri masih ada beberapa Kepenghuluan yang tidak dapat melaksanakan Pemilihan Penghulu dikarenakan persoalan anggaran,” ungkapnya.

Orang nomor satu itu juga mengakui
dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil, hanya sebanyak 25 Kepenghuluan dari 15 Kecamatan yang akan ikut melaksanakan pemilihan penghulu dengan jumlah Bacalon 79 orang.

Bupati berpesan, Dalam proses Pemilihan Penghulu itu semua pihak harus netral dan tidak memihak kepada siapapun. apa lagi pemilihan penghulu itu merupakan pemilihan yang sangat rawan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya menekankan kenetralitasan dari seluruh panitia pemilihan penghulu termasuk para Pj Penghulu dan saya meminta agar pemilihan ini berjalan secara demokrasi dan yang terpilih nantinya betul-betul sesuai keinginan masyarakat,” kata Bupati.

Selaku tim monitoring, Bupati juga mengatakan, bahwa pihaknya akan tetap melaksanakan pemantauan agar pelaksanaan pemilihan Penghulu nantinya berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Pungkasnya.

Kabiro Panca Sitepu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *