Lakukan Sosialisasi Tentang Etika dan Tatacara Berlalu Lintas, Satuan Lalu Lintas lintas Polresta Manado Sambangi Sekolah

Manado – jurnalpolisi.id

Lalu lintas Polresta Manado tak henti-hentinya untuk bisa memberikan edukasi terkait aturan berlalulintas ke para pelajar.

Dipimpin Kanit Kamsel Iptu Repy Samel melaksanakan kegiatan sosialisasi di SMK Negeri 3 Manado, Rabu (12/7/2023).

Ditempat terpisah Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait melalui Kasat Lantas Kompol Yulfa Irawati, membenarkan adanya kegiatan yang dilakukan pihaknya dengan menyambangi sekolah.

“Ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah secara bergiliran,” katanya.

Maka dari itu, dalam Operasi Patuh Samrat 2023 ini yang dilaksanakan mulai Tanggal 10 Juli s/d 23 Juli 2023, peran Satuan Lalu Lintas sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembinaan dan penyuluhan agar bisa merubah mindset/pola pikir para pelajar yang mengutamakan keselamatan dari pada kesenangan dan kebutuhan akan alat transportasi.

Satuan Lalu Lintas melalui program Polisi sahabat anak, Police Goes To School dan Police Goes To Campus, telah rutin turun ke sejumlah PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi yang ada di wilayah hukum Polresta Manado, mengajak mereka (pelajar/mahasiswa) untuk tertib berlalu lintas.

“Kita sampaikan ke pelajar kalau belum punya SIM, jangan dulu bawa motor. Kadang ada siswa -Siswi yang membawa (motor) lalu dititipkan ke tetangga sekolah atau parkir umum, itu tidak boleh. Sebaiknya menggunakan transportasi umum, supaya terhindar dari laka lantas dan kena sanksi dari Kita,” ucap Kasat Lantas.

Selain itu, kita juga sampaikan ke pelajar kalau diantar atau dijemput oleh orang tuanya menggunakan sepeda motor agar memakai helm SNI untuk melindungi dari benturan. Kalau sudah cukup umur, berkendara harus punya SIM, pakai helm dan tidak boleh kebut-kebutan, tidak boleh menggunakan kenalpot racing ataupun menggunakan sepeda listrik di jalan raya.

“Menanamkan disiplin berlalu lintas sejak usia dini penting, karena kegunaannya nanti bagi generasi muda dimasa mendatang akan menumbuhkan disiplin berlalu lintas, mengenalkan siswa tentang tata tertib dan etika lalu lintas sejak dini dengan melibatkan siswa – Siswi di SMK N 3 Manado, untuk mengetahui bagaimana beretika dalam berkendara, dengan harapan mereka dapat menyampaikan informasi ini kepada yang lainnya,” pungkasnya.
Humas Polres Manado /  Sofyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *