Dewan Koperasi Indonesia Wilayah provinsi Sumatera Barat laksanakan peringatan Hari Koperasi Nasional Harkopnas ke 76.

Bukittinggi ,Sumbar – jurnalpolisi.id

Kegiatan Dialog tentang Ketokohan Bung Hatta dilaksanakan di Istana Bung Hatta atau Gedung Tri Arga Kota Bukittinggi Sumatera Barat, pada hari Rabu (12/7/2023).Ketua Dewan Koperas provinsi Sumatera Barat Ir Hendra Irwan Rahim, dalam sambutannya mengatakan rencana awal bahwa acara Puncak peringatan hari Koperasi Nasional ke 76 , hari ini.

Namun karena ada beberapa kendala maka acara puncak akan di laksanakan tanggal 23 Juli 2023. Jadi kegiatan Dialog tentang Ketokohan Bung Hatta hari ini adalah merupakan rangkaian kegiatan Harkopnas ke 76 katanya.

Selain itu dengan dilaksanakan dialog ini diharapkan perkoperasian di Indonesia ini akan bangkit dan sejajar dengan perusahaan atau PT PT yang bergerak dalam dunia Usaha.

Seminar atau dialog tersebut di ikuti sekitar 200 peserta, dari pengurus pengurus Dekopinda sesumatera barat.

kepala dinas perdagangan Koperasi dan UKM (DISDAGNAKERKOP UKM dari kabupaten/Kota sesumatera Barat , Perwakilan Mahasiswa dari UBH dan Mahasiswa dari Tamsis, juga perwakilan dari siswa SMA dan SMK.

Terlihat hadir, ketua Dekopinwil Sumbar Ir Hendra Irwan Rahim, ibuk Leka dari Tengerang pusat, kadis Dagnakerkop UKM Padang Pariaman Jonkenedi S.Sos, utusan dari Dekopinda Padang Pariaman Syafruddin S.Pd dan Ris Jubirman.

Syafirman Azis (Uncu Cap) dari Dekopinda Agam, ketua Dekopinda kota Solok Patrial Panai, Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Sumbar juga siswa siswi SMA dan SMK dan utusan dari Dekopinda se sumatera barat.Tampil dalam dialog tersebut 4 orang pembicara, yakni : Muhammad Fahlepi Pangerang SE wakil ketua Dekopin Indonesia, kedua Ir Hendra Irwan Rahim ketua Dekopinwil Sumbar.

Pembicara ketiga DR.Ir Hidayat,ST, MT wakil Rektor Universitas Bung Hatta (UBH) dan Sepris Yonaldi,SE,MM dari Dekopinwil Sumbar yang juga Rektor Tamsis.Dalam dialog tersebut terungkap bahwa saat ini generasi muda banyak yang kurang paham tentang perkoperasian.

Padahal Bapak Koperasi Indonesia, BUNG HATTA adalah orang Bukittinggi Sumatera Barat. Bahkan saat ini anak sekolah hanya mengenal Bung Hatta, sebagai “Bapak PROKLAMATOR”

Hal tersebut disebabkan karena saat ini disekolah sekolah mulai dari sekolah SD, SMP , SMA sampai perguruan tinggi tidak ada bidang study Koperasi dalam kurikulum Pendidikan.

Dialog tentang KETOKOHAN BUNG HATTA di Bukittinggi yang dihadiri para tokoh dan generasi muda yang peduli terhadap perkoperasian menghasilkan, 5 kesepakatan untuk memajukan koperasi di Indonesia. Kesepakatan dan kebulatan tekad tersebut di tuangkan dalam “Deklarasi Bukittinggi” 12 Juli 2023.

Lima Deklarasi Bukittinggi itu mewakili pemuda pemudi Indonesia peduli Koperasi menyatakan :
Pertama kebulatan tekad akan menjaga kedaulatan Ekonomi bangsa dengan berkoperasi.

Kedua bahwa pemuda pemudi peduli Koperasi siap menghadapi tantangan Global ekonomi dengan menjalankan Koperasi secara Modern dan berkelanjutan. Ke tiga siap menghadang para oknum yang menyalah gunakan semangat Gotong royong berkoperasi.

Juga meminta presiden untuk membentuk Departemen Koperasi secara khusus. Dan Meminta Pemerintah untuk memasukan kembali pelajaran Koperasi dalam Kurikulum Pendidikan.Deklarasi Bukittinggi tertulis atas nama pemuda pemudi Indonesia di tanda tangani diwakili Sepris Yonaldi Dekopin Sumbar juga Direktur Unitas Padang . (Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *