Danramil 0825/19 Sempu berikan Materi Sistem Keamanan dalam Kawasan Hutan kepada 13 peserta Diklat LMDH

Sempu – jurnalpolisi.id

Komandan Komando Rayon Militer 0825/19 Sempu Kapten Inf Misdari melaksanakan pemberian materi “Sistem Keamanan dalam Kawasan Hutan” kepada 13 peserta Diklat Sistem Keamanan dalam Kawasan Hutan dan Damkar LMDH Mitra Hutan Lestari dan LMDH Sobo Wono Desa Jambewangi Kecamatan Sempu Senin (17/07/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi ilmu kepada 13 peserta Diklat bagaimana cara menerapkan sistem keamanan dalam kawasan hutan dan waspada akan kebakaran hutan.

Danramil 0825/19 Sempu Kapten Inf Misdari dalam pemberian materinya mengatakan, Perlindungan hutan adalah usaha untuk mencegah dan membatasi kerusakan hutan, kawasan hutan dan hasil-hutan, yang disebabkan oleh perbuatan manusia, ternak, kebakaran, daya-daya alam, hama dan penyakit, serta mempertahankan dan menjaga hak-hak negara, masyarakat dan perorangan atas hutan, kawasan hutan,Perlindungan hutan adalah usaha untuk mencegah dan membatasi kerusakan hutan, kawasan hutan dan hasil-hutan, yang disebabkan oleh perbuatan manusia, ternak, kebakaran, daya-daya alam, hama dan penyakit, serta mempertahankan dan menjaga hak-hak negara, masyarakat dan perorangan atas hutan’ tegasnya.

Selain itu menanam pohon juga dapat mengurangi lahan kritis, mengantisipasi terjadinya bencana dan menghijaukan bumi. Hutan juga bermanfaat sebagai sumber oksigen, reserve air dan sebagai sumber daya alam hayati yang multi manfaat harus dijaga agar tetap lestari. ’’Kalau kita menjaga hutan dari kerusakan, tentunya hutan akan menjaga kita dari bencana,’’ tandasnya.

Karena hutan dan lingkungan hidup merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pembangunan budaya bangsa, oleh karena itu kedepan Koramil 0825/19 Sempu akan bekerja sama dengan LMDH untuk menjaga dan melestarikan kawasan hutan yang ada di Desa Jambewangi Singgahan,” ucapnya

Sementara itu (Asper BKPH Kalisetail) Bapak Sunardi menambahkan, Semua ini dilakukan untuk menggugah kesadaran kita semua tentang pentingnya merawat dan menjaga hutan demi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak,’’ ujarnya.

Bapak Sunardi juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada Danramil 0825/19 Sempu yang sudah menyempatkan waktu untuk melihat secara langsung kondisi hutan saat ini. Sekaligus memberi materi sistem keamanan dalam kawasan hutan dan waspada akan kebakaran hutan kepada 13 peserta Diklat.

(Singgih jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *