Bupati Banyumas Launching Pramuka Pra-Siaga

Banyumas – jurnalpolisi.id

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab) didampingi Bunda Paud Ny Erna Sulistyawati Husein dan Kepala Dinas Pendidikan Banyumas Joko Wiyono, melaunching 150 siswa PAUD menjadi Pramuka Pra-siaga Banyumas. Kegiatan tersebut bersamaan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Taman Kanak kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini, Senin 17 Juli 2023 di Halaman TK Negeri Purwokerto Timur.

Bupati Husein mengatakan Gerakan Pramuka Pra Siaga sangat penting bagi anak TK dan PAUD, khususnya dalam memberikan pemahaman dan mengajarkan etika yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya kegiatan Pramuka Pra Siaga menjadi penting karena dapat melatih dan menanamkan diri untuk memiliki karakter yang kuat serta bersikap kesatria.

“Anak anak dapat diajari dengan pendidikan dasar-dasar kepramukaan yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti bersikap jujur, menghargai orang lain, membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya,” tuturnya.

Banyumas sendiri melaunching PAUD Pra-Siaga setelah melakukan kunjungan ke Kwarda Jawa Barat dalam rangka mempelajari mengenai pramuka pra-siaga.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono menjelaskan PAUD Pra-Siaga merupakan salah satu kegiatan yang dimulai dari perintisan nilai-nilai dasar kepramukaan untuk siswa peserta didik usia 3-7 tahun sebagai upaya agar usia emas mereka tidak sia-sia.

Ia menambahkan, untuk saat ini program tersebut baru berlaku di TK yang ada di wilayah kota dan akan disusul dengan TK-Tk yang lain termasuk yang ada di luar Purwokerto.

“Dalam pra-siaga nantinya siswa akan diberikan materi yang mencerdaskan, mencerahkan, menceriakan dan menggembirakan,” pungkasnya.

( Arif JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *