Hilangkan Jenuh dan Penat, Nonton Bareng Film Solusi Tepat

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Sebagai penghilang kejenuhan dan kepenatan selama menjalani masa pidana dan untuk menjaga aura positif Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi berinovasi menggelar pertunjukan film atau nonton bareng (NOBAR), Jum’at(9/6) sore hari di Aula Sahardjo Lapas Banyuwangi.

Kegiatan NOBAR ini merupakan kegiatan rekreasional yang termasuk salah satu bentuk pemenuhan hak Narapidana sesuai di dalam Undang – Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan yaitu Pasal 9 poin C mengenai hak Narapidana yang berbunyi “Mendapatkan pendidikan, pengajaran, dan kegiatan rekreasional, serta kesempatan mengembangkan potensi”.

Inovasi ciptaan Kepala Lapas (Kalapas) Banyuwangi Wahyu Indarto ini digelar dengan menggandeng Komunitas NONGKIBAR MILENIAL (NONGkrongin Ilmu BAReng) dengan bertajuk Nobar Motivasi dan dalam rangka memperingati Hari Ayah Sedunia.

Wahyu menyatakan kegiatan seperti ini seharusnya rutin dilakukan di dalam Lapas. Bukan hanya untuk hiburan dan rekreasi semata, namun juga sebagai hadiah (reward) bagi Warga Binaan yang taat peraturan dan tidak pernah melakukan pelanggaran disiplin.

“Ini menjadi motivasi dan pemicu semangat bagi Warga Binaan lainnya yang belum mendapat kesempatan, agar segera meresapi program pembinaan dan merubah perilaku menjadi lebih baik serta taat akan peraturan yang ada,” ucap Wahyu.

Wahyu menambahkan bahwa film yang diputar pun bukan hanya sekedar film, melainkan film yang mengandung nilai – nilai kehidupan serta pelajaran hidupyang notabene berhubungan dengan keadaan Warga Binaan saat ini.

“Film Miracle in Cell No. 7 Indonesia merupakan film yang menceritakan perjuangan seorang ayah yang dipenjara dan ingin bebas demi anaknya, dan banyak sekali hikmah serta nilai yang dapat dipetik dan direnungkan bagi Warga Binaan semua,” imbuh Wahyu.

Wahyu menutup sambutannya seraya berharap kegiatan ini memiliki dampak yang besar bagi Warga Binaan dan juga Lapas Banyuwangi agar selalu aman dan kondusif meskipun hanya sekedar menonton film bersama.(Joko )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *