“Dartaska” Kadis Kopnaker Kerinci Tutup Pelatihan bagi WBP

Kerinci – Jurnalpolisi.id

Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Kabupaten Kerinci melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) dan Rutan Kelas IIB Sungai Penuh menutup secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Mobile Traning Unit (MTU) Sub. Kerja Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana, yang bertempat di Aula Rutan Kelas IIB Sungai Penuh.pada selasa (20/06/2023)

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci Dataska, Kepala UPTD BLK Kerinci diwakili Kasubbag TU Adino Putra, Kepala Rutan Kelas IIB Sungai Penuh diwakili oleh Kasubsi Peltah Okky Apriyanto, Kasubsi Pengelolaan Frengki Astin, Instruktur Sulaiman, serta Para Pegawai Rutan dan Blk Kerinci.

Kepala UPTD BLK Kerinci melalui Kasubbag TU UPTD BLK Adino Putra menyampaikan bahwa Laporan Penyelenggaraan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan Rutan Kelas IIB Sungai Penuh dengan Sub. Kejuruan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana, pelatihan ini bersumber dari APBD Anggaran Nomor: DIPA-026.13.2.089378/2023, tanggal 30 November 2022 dan penyampaian surat keputusan kelulusan bagi anggota pelatihan.

“Berdasarkan Surat Keputusan Kepala UPTD Balallatihan Kerja Kerinci 563/ 61 /UPTDBLKKRC/I1/2023, tanggal 10 Februari 2023 tentang Penunjukan Narasumber Softskill, Instruktur dan Peserta Pelatihan Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan TEKNIK LISTRIK Skema Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana (160 JP) Dana Rm Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. Semoga ilmu yang didapat bisa diterapkan untuk mengimplementasikan kemampuan di dunia kerja nantinya. Pelatihan ini dimulai 15 Juni 2023 dan jumlah peserta adalah enam belas orang dinyatakan lulus,” ungkap Kasubbag TU BLK.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Sungai Penuh Indra Yudha melalui Kasubsi Peltah Okky Apriyanto dalam sambutannya mengucapkan Alhamdulillah, hari ini kita menutup pelatihan berbasis kompetensi (PBK) program Mobile Training Unit (MTU) UPTD Balai Pelatihan Kerja Kabupaten Kerinci, Sub. Kerja Pemasangan Instalasi Listrik Bagunan Sederhana di Rutan Kelas IIB Sugai Penuh tahun 2023.

Hal ini mengacu pada amanat dalam Undang – undang Pemasyarakatan Nomor 22 tahun 2022, bahwa setiap warga binaan pemasyarakatan berharhak mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh Rutan atau Lapas.

“Semoga peserta yang telah mengikuti pelatihan ini bisa membawa ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak, nantinya keluar dari rutan ini bisa menjadi masyarakat yang mandiri, bisa mencari kerja dan diterima oleh masyarakat banyak,” ujarnya.

Di kesempatan ini, Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja, mengatakan bahwa Program Pelatihan Berbasis Kompetensi melalui UPTD BLK Kabupaten Kerinci sampai saat ini masih memberikan layanan kepada masyarakat, Angkatan Kerja pada Saudara.

“Hal ini mengingat kebutuhan akan tenaga kerja yang dibutuhkan masyarakat, perusahaan dalam daerah, luar daerah hingga Luar Negeri,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, bahwa instruktur sangat penting dan penentu dalam transfer ilmu dari keterampilan pada kegiatan pelatihan.

“Saya harapkan untuk selalu meningkatkan kualitas dan keterampilan, Sumber Daya Manusia dan keterampilan ini merupakan aset penting terutama bagi suatu Perusahaan, Pabrik, Dunia Usaha dan Dunia Industri,” tambahnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Saudara yang dapat lulus ini harus memanfaatkan kesempatan Pelatihan. Pelatihan Sub. Kejuruan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana, Program Pelatihan Berbasis Kompetensi yang bersumber dari Anggaran APBN Tahun 2023. Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci Periode 2019-2024 untuk Kerinci yang tebih baik dan berkeadilan demi Peningkatan SDM dan Keterampilan merupakan Program unggulan dari Pemerintah daerah Kabupaten Kerinci.

“Harapan saya, setelah saudara mengikuti pelatihan selama 20 hari, saudara mendapatkan keterampilan dari instruktur dan bermanfaat bagi saudara untuk dikembangkan sebagai modal untuk menciptakan lapangan usaha ditengah masyarakat hendaknya. Terima kasih, telah mengikuti Pelatihan untuk Sub. Kejuruan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana.

“Dengan mengucapkan alhamdulillaahirabbil alaamin Pelatihan Sub. Kejuruan Pemasangan Instalasi Listrik ‘ Bangunan Sederhana dengan resmi saya nyatakan di tutup,” Pungkas Dartaska.

Kemudian, perwakilan anggota pelatihan Yosmarli mengucapkan Syukur alhamdulillah atas terlaksana pelatihan ini.

“Terima kasih kepada Rutan dan BLK telah memberikan kesempatan untuk kami berlatih, walaupun dihalang tembok jeruji besi, pendidikan dan pelatihan tidak menjadi penghalang bagi kami selaku warga binaan, semoga ilmu yang kami dapatkan bisa kami terapkan untuk dunia luar setelah kami keluar dari rutan ini,” harap Wbp Yosmarli.

(Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *