Bupati Rohil Sebut Pelaksanaan Ritual Bakar Tongkang Nanti Akan di Selenggarakan Secara Besar-Besaran

Rokan Hilir, jurnalpolisi.id

Meskipun Pelaksanaan bakar tongkang sudah tiga tahun tidak terlaksana karena pendemi Covid – 19, namun tidak membuat pemerintah diam di tempat.

Pasalnya pemerintah berencana pelaksanaan bakar tongkonga akan dilakukan secara besar-besaran pada 04 Juli 2023, nanti.

” Bakar tongkang ini adalah Iven nasional dan sudah menjadi pariwisata nasional atau internasional,” jelas Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP kepada wartawan Jum’at 09 Juni 2023, kemaren.

Bupati menjelaskan, pelaksanaan bakar tongkang nantinya banyak orang dari luar berdatangan, salah satunya adalah Taiwan, Tiongkok, Malaysia dan termasuk jakarta.

Menurut dia, banyaknya orang luar masuk untuk menyaksikan ritual bakar tongkang nanti tentu hotel hotel yang ada di Bagansiapi-Api penuh, bahkan kalo tidak di boking secepatnya bisa-bisa rumah penduduk yang menampung.

” Alhamdulillah banyaknya nanti orang turis masuk kesini termasuk orang orang tionghua, ekonomi masyarakat Rokan Hilir khususnya Bagansiapi-Api berjualan apa saja pasti laku. inilah dampaknya ritual bakar tongkang,” ungkapnya.

Selain itu Bupati Rokan Hilir juga mengajak masyarakat untuk mempromosikan daerah kepada negara-negara luar yang hadiri di pelaksanaan ritual bakar tongkang nantinya lantaran menjadi sejarah bagi negara negara luar datang ke kota Bagansiapi-Api.

” Selain promosi tentunya keamanan tamu tamu dari luar juga disiapkan,” ucapnya.

Bupati juga mengaku adanya pelaksanaan ritual bakar tongkang itu kota Bagansiapi-Api dikenal di mancanegara, baik dari Malaysia maupun orang orang tionghua yang sukses dijakarta.

” Alahmadulilah bakar tongkang ini tidak menggunakan dana APBD sama sekali, bahkan dari pemodal modal yang sukses. Cuma kami dari pemerintah menyiapkan dan musyawarah serta mengundang seluruh institusi yang ada di Kabupaten Rokan Hilir ini bagaimana persiapan bakar tongkang supaya dilaksanakan,” tegasnya.

Bupati berharap seluruh masyarakat untuk menjaga supaya orang orang datang dari luar ke Bagansiapi-api, merasa aman, terlindungi serta nyaman.

” Ini gunanya supaya pariwisata di Rokan Hilir dikenal, baik di Taiwan, Tiongkok dan di mancanegara. mari kita menjaga semua agar mereka merasa aman dan nyaman datang ketempat kita,” Pungkasnya.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *