Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Sultra Siapkan 20 Ekor Sapi Kurban Dalam Peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 H

Sultra – jurnalpolisi.id

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada Kamis (27/6/2023), Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sultra telah menyiapkan Dua puluh ekor sapi kurban untuk disembelih.

Demi memastikan sapi kurban tersebut dalam keadaan sehat dan layak dijadikan hewan kurban, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sultra bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Kolaka Utara melakukan pemeriksaan terhadap sapi-sapi yang akan dijadikan hewan kurban.

Hal ini pun dibenarkan Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sultra Kompol Aris Rallang, Rabu (28/6/2023).

“Salah satu syarat sahnya hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban adalah hewan ternak harus dalam keadaan sehat, tidak memiliki penyakit dan tidak cacat fisik. Untuk itu, kami meminta bantuan Dinas Peternakan Kabupaten Kolaka Utara untuk memeriksa kondisi hewan-hewan kurban,” tutur Kompol Aris Rallang.

Komandan Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sultra ini, mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit mulut dan kuku pada sapi kurban Batalyon C Pelopor.

“Saat ini penyakit mulut dan kuku tengah marak menyerang hewan ternak khususnya sapi. Oleh karena itu, pemeriksaan ini kami lakukan untuk menjamin hewan kurban kami betul-betul sehat dan dagingnya aman dikonsumsi,” jelasnya.

Kompol Aris Rallang mengatakan, dalam peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 H ini, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sultra akan membagikan daging kurban kepada Panti Asuhan dan warga masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Mako Batalyon C pelopor Sat Brimobda Sultra

Sementara, tim dari Dinas Peternakan Kabupaten Kolaka Utara menyebutkan, ada empat kriteria sahnya hewan kurban.

“Dalam pemeriksaan ini kami menilai empat kriteria hewan layak dijadikan hewan kurban, yaitu mata jernih, tidak pincang, cukup umur dan sehat fisik atau lincah. Alhamdulillah, secara keseluruhan untuk sapi-sapi kurban milik Batalyon C Pelopor Sat Brimobda Sultra semuanya sehat dan layak dan sah untuk dijadikan hewan kurban,” ungkap salah satu petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Kolaka Utara.
( Arif JPN/Roling)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *