WASPADAI PMK, Babinsa Kodim 0320 Dumai Sosialisasi dan Cek Hewan Ternak di STDI.

Dumai  –  jurnalpolisi.id

Babinsa Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan (STDI) Kodim 0320/Dumai Sertu Sugianto rutin sosialisasi dan pengecekan hewan ternak.

Hal tersebut dalam rangka mewaspadai wabah (PMK di wilayah binaannya. Kali ini sosialisasi digelar di peternakan milik Prawito Jalan Nuri, RT 7 Kelurahan STDI, Dumai Barat, Sabtu (30/04/23).

Dikatakan Babinsa Sersan Satu Sugianto bahwa langkah tersebut menindaklanjuti arahan pimpinan kepada jajarannya untuk terus memeriksa kondisi hewan ternak di wilayah binaannya dalam rangka antisipasi penyebaran luas wabah PMK.

“Meskipun penyakit ini belum menyebar luas, antisipasi sedini mungkin sangat diperlukan mengingat wabah ini semacam virus yang mudah menular, ” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan imbauan terhadap warga setempat untuk pencegahan penyakit PMK. Yakni dengan cara penyekatan keluar masuknya sapi dari luar daerah Dumai. Serta melapor kepada petugas agar cepat ditangani.

“Waspadai jika hewan peliharaan kontak langsung dengan hewan lain dari luar daerah, sebab penyakit ini mudah menular. Laporkan kepada pihak dinas terkait dan akan diteruskan ke Dinas Pertanian dan Peternakan apabila menemukan gejala penyakit ini,” imbaunya.

Babinsa juga mengingatkan para peternak untuk rutin memeriksa hewan ternak. Jika ada gejala atau indikasi terjangkit PMK segera melapor kepada instansi terkait atau aparat terdekat.

Sumber : Pendim 0320 Dumai

Sub Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *