Persatuan Wanita Kurai 5 jorong Bukittinggi lakukan Study Tiru ke LAM ( Lembaga Adat Melayu ) kota Dumai Riau

Bukittinggi, jurnalpolisi.id

Keberangkatan rombongan PWK 5 Jorong study tiru dari kota Bukittinggi Sumatera Barat, difasilitasi dinas DP3APPKB dengan surat resmi kadis Nauli Handayani skm .m.si.no.reg 476.2/ 361/ DP3APPKB/V/ 2023/ TGL / 15 mai 2023.

Rombongan tersebut berangkat sebanyak 26 orang dengan didampingi 2 orang pejabat dinas pemberdaya, dari halaman rumah dinas walikota Bukittinggi jam 8.20 wib menuju kota Dumai.

Keberangkatan rombongan yang dipimpin oleh ketua PWK 5 jorong Bundo Zulzetri pada hari Rabu 17 Mai 2023 yang di lepas oleh ketua tim penggerak PKK Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar dan kepala dinas DP3APPKB kota Bukittinggi.

Rombongan Sampai di kota Dumai pada jam 20.30 wib malamnya dan menginap di Hotel City untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh.

Pada hari Kamis (18/5/2023) pagi rombongan PWK menuju gedung LAM.( lembaga adat melayu ) kota Dumai yang langsung di sambut oleh ketua Dewan Pimpinan Harian LAM ( DPH ) Dumai Datuk Seri Syahruddin Husin bersama jajaran pengurus dan ketua kawasan 7 kecamatan.

Dan dilakukan prosesi ” tepuk tepung tawar ” salah satu tradisi budaya masyarakat Melayu dalam menyambut tamu.

Usai acara penyambutan, Datuk seri Syahruddin Husein kenalkan jajaran pengurus dengan dihadiri juga para Datin pengurus LAM kota Dumai, dan begitu juga beliau persilakan kepada ketua PWK untuk menyampaikan maksud dan hajat kedatangannya.

Dan para ketua pwk Bundo Zulzetri juga memperkenalkan rombongan dan juga bercerita tentang sejarah kurai 5 jorong.

Dalam hal ini ketua PWK juga menjelaskan tentang peran dan fungsi PWK 5 Jorong kepada pengurus LAM kota Dumai, dan merasa salut dan kagum dengan LAM kota Dumai yang bisa mengayomi suku suku yang mendiami kota Dumai.

Selesai agenda tersebut,rombongan langsung silaturrahmi dan halal bi halal dengan warga kurai yang ada di kota Dumai.

Rombongan di terima ketua IKKLJ kota Dumai H.Agus Ardan ,waka.H.Muharjon St sajatino, ketua bundo kanduang IKKLJ kota Dumai Yanti Rahma Gusti.

Penasehat Datuak Yusri beserta ketua pelaksana halal bihalal dan juga turut hadir pemuda kurai jam gadang ( paku jagad) kota Dumai.

Dan ketua H Agus Ardan dalam sambutan nya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus PWK kurai 5 jorong baru kali ini bundo kanduang kurai berkunjung ke kota Dumai silaturrahmi sekaligus halal bihalal.

Ini sangat baik sekali kita sesama dunsanak bisa saling bertanya kabar dan melepas rindu” ujarnya.

Kunjungan Persatuan Wanita Kurai Bukittinggi ke Dumai bisa semakin menguatkan dan menyatukan warga rantau asal kurai dan juga beliau titip pesan jika nanti adanya dunsanak dari kurai datang ke Dumai agar melapor ke pengurus IKKLJ imbuhnya.

Hari kedua di kota Dumai PWK kunjungi kantor Dinas PPA kota dumai , yang di terima Kadis kota Dumai, setelah itu rombongan berangkat ke kota Pekanbaru untuk lanjutkan agenda pulang ke Bukittinggi.

Refnawati SH saat di jumpai SumbarEkspres.com mengatakan, agar untuk tahun tahun berikutnya, Pemko Bukittinggi bisa menganggarkan kegiatan ini tukasnya.( Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *