Antisipasi PMK, Anggota Koramil 0321-05/RM Kembali Pantau dan Cek Kesehatan Ternak Kambing Warga Didesa Binaan

BANGKO PUSAKO – jurnalpolisi.id

Untuk mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak Anggota Koramil 0321-05/RM yang dipimpin Serka Paimen melaksanakan Kegiatan pemantauan sekaligus melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak Kambing milik warga binaan Polo yang berlokasi di Kepenghuluan Bangko Sempurna, Kecamatan Bangko Pusako, Rohil, Selasa (2/5/2023).

Danramil 05/RM, Kapten Arh Iswandi Sikumbang melalui Serka Paimen disela-sela pemantauan hewan ternak warga kepada Jurnal Polisi Id mengungkapkan kegiatan ini di lakukan sebagai upaya antisipasi serta membantu mengawasi kesehatan hewan ternak terkait wabah PMK yang saat ini sangat meresahkan masyarakat terutama yang memiliki hewan ternak kambing, Sapi, lembu ataupun Kerbau.

“Kita cek ke Desa binaan serta melihat secara langsung hewan dan kita pastikan kesehatan hewan ternak, apakah terjangkit wabah PMK atau tidak sesuai ciri-ciri hewan terjangkit wabah PMK. Alhamdulilah hasil belum ada gejalan PMK,” kata Paimen.

Oleh karen itu, kata Serka Paimen lagi pihaknya selalu respon melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus dapat mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.

“Kepada warga maupun peternak supaya tidak perlu takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternaknya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku dan kuku terlepas, lepuh di mulut. Segera laporkan ke instansi terkait jika ditemukan ciri tersebut,” pungkas Paimen.

Sub Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *