Warga Kota Dumai dikejutkan Dengan Meledaknya kilang Minyak Pertamina

PEKANBARU-  jurnalpolisi.id

Warga Kota Dumai Provinsi Riau dikejutkan dengan sejumlah ledakan besar beruntun berlangsung pada, Sabtu (1/4/2023) malam.

Terakhir diketahui jika sumber ledakan tersebut berasal dari HCU Compressor C2 yang berada di depan parkiran mobil pemadam kebakaran Refinery Unit II (RU) II Pertamina.

Sangking kerasnya, ledakan mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak. Karena getaran ledakan dapat dirasakan hingga 500 kilometer dari lokasi kejadian.

Atas kejadian itu tampaknya meninggalkan sejumlah fakta menarik untuk diketahui. Begitu juga kabar terhadap sejumlah korban jiwa.

Dimulai dari lokasi kejadian yang berlangsung di area gas kompresor seperti yang diakui oleh Area Manager Comm Rel & CSR Kilang Dumai, Agustiawan, Ahad (2/4/2023).

Warga yang tinggal sekitar 500 meter dari lokasi ledakan, Pardi mengaku ketakutan saat mendengar suara ledakan dari kilang minyak Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai.

“Penyebab kejadian masih belum diketahui. Terdapat 5 orang yang terdampak di ruang operator dan saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik. Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil,” ungkapnya.

Menurutnya hingga saat ini operasional kilang di unit yang terdampak, telah dihentikan sementara untuk memastikan keamanan di lokasi. Sementara itu operasional unit lainnya tetap berjalan normal.

Dia mengakui saat ini Tim Keadaan Darurat terus fokus untuk memastikan kondisi aman. KPI RU Dumai juga terus melakukan pemantauan untuk memastikan agar masyarakat di sekitar kilang tidak terdampak oleh kejadian ini.Warga di dekat ledakan panik

Kerasnya suara ledakan saat itu membuat Nasori mengira suara tersebut berasal dari petir yang menyambar.

“Ledakannya terjadi sekitar jam 23.30 WIB. Awalnya saya kira petir, pas keluar rumah warga sudah heboh bilang kilang minyak Pertamina meledak dan terbakar,” cerita Pardi.

Ia mengaku takut terjadi ledakan susulan, sehingga ia dan keluarganya memutuskan mengungsi ke rumah orangtua.

“Saya sekarang mengungsi ke rumah orangtua di Jalan Jenderal Sudirman. Jaraknya insyaallah aman, sekitar empat kilometer dari lokasi kilang minyak,” jelasnya.

Meski khawatir dan ketakutan mendengar suara ledakan itu, ia memastikan tak ada kerusakan di bangunan rumahnya.

Kebakaran ditangani dalam waktu yang singkat

Ledakan kilang minyak itu mengakibatkan terjadinya kebakaran yang cukup besar di area Pertamina RU II Dumai.

Akan tetapi, api berhasil dipadamkan dalam waktu kurang lebih 20 menit. Agustiawan menjelaskan, sekitar pukul 22.54 WIB, area ledakan sudah tertangani.

Sementara pihak kepolisi sedang dalami penyebab ledakan, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menyebut pihaknya sudah langsung datang ke lokasi untuk melakukan pengamanan.

“Memang terjadi dugaan ledakan tepatnya di salah satu kilang di RU II KPI. Kami sudah lakukan langkah-langkah yang dipimpin Kapolres Dumai dan Dirpam Obvit di lokasi,” ungkap Irjen Iqbal, Ahad (2/4/2023) dini hari.

Atas insiden tersebut, pihaknya akan melakukan penyelidikan serta pendalaman terhadap penyebab ledakan. Disamping tetap melakukan tugas-tugas pengamanan lokasi dan menenangkan masyarakat yang terdampak di sekitar area. (Asmadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *