OPD DIMINTA BUPATI LAKUKAN 3 HAL UNTUK PEMBANGUNAN ROKAN HILIR.

ROKAN HILIR –jurnalpolisi.id
Organisasi Perangkat Daerah(OPD) yang ada diruang lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir,Riau dipandang perlu untuk menerapkan systim kinerja yang efektif,efisien guna keberhasilan perencanaan pembangunan di Rokan Hilir dipandang dari 3(tiga) aspek.

Demikian diungkapkan Bupati Rokan Hilir yang akrab disapa Efi Sintong tatkala berhasil dikonfirmasi oleh Nusantaranews Jum’at 31/3/23 berkaitan dengan pembangunan yang telah dan yang akan dilaksanakan kedepannya oleh Pemkab Rohil.

Adapun 3 hal dimaksud oleh Bupati,yakni; Pertama perencana pembangunan harus dapat dieksekusi dan positif,kedua pembangunan mempunyai dampak lingkungan dalam pencapaian yang lebih baik serta ketiga mendapat atau memiliki dukungan yang kuat dari masyarakat setempat.

Dari ketiga hal yang saya sebutkan tadi lanjut Afrizal,itu merupakan taktis dasar dari pada Strategi kebijakan yang juga dapat dikomunikasikan dengan baik,serta mampu memberi nilai tambah untuk perbaikan kwalitas Building Planning bagi daerah kita ini ,paparnya.

Kemudian Afrizal mengajak seluruh OPD Jajaran Pemerintah Daerah Rohil yang berjulukan Negeri 1000 kubah agar lebih fokus dalam menjalankan tugasnya.Karena kondisi perekonomian secara nasional,global hingga Regional bahkan daerah saat ini mengalami stagnant yang mengguncang dan berdampak cukup luas bagi percepatan pembangunan,ucap dari mantan Anggota DPRD Rohil ini.Oleh karena itu seluruh OPD dan jajaran Pemkab saya minta untuk mengoptimalkan kapasitas Fiskal daerah untuk berbagai program kegiatan yang efektif,efisien serta ekonomis,pintanya.

Kita tidak mungkin bertumpu pada kekuatan Anggaran APBD yang ada,tapi harus mampu mengambil peluang dari sumber pembiayaan yang lain yang mendukung pembangunan yaitu dari dana pusat.

“Salah satu pilihan tentu dengan memanfaatkan sumber lain yaitu Dana Alokasi Khusus(DAK) yang setiap tahunnya mengalami peningkatan cukup Signifikan”,terang Efi.

Hal terpenting,bagi setiap Kepala OPD Wajib untuk memahami target Pembangunan,tentu dengan mengoptimalkan tenaga akademisi,Analisis yang tajam disertai data yang aktual dan valid,kemudian dapat pula mendesainnya ke dalam Renstra Perangkat Daerah secara teknis serta konkrit.Kemudian dikomunikasikan dengan seluruh Stakeholders bersama Forum Perangkat Daerah.

Terakhir kepada seluruh OPD saya mintakan untuk tidak lagi main-main,tingkatkan etos kerja.Dan jika ditemukan kinerjanya tidak bagus,akan saya cari pejabat lain yang kompetensinya lebih berkwalitas,saya tidak mau melihat OPD yang cuma pandai berpangku tangan,tegas Efi Sintong mengakhiri.(panca-jpn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *