Mengawal Musrembang Otsus Tingkat Provinsi Ketua Forum Anak – Anak – Anak Asli 7 Suku Peduli Otsus Teluk Bintuni Angkat Bicara

Bintuni – jurnalpolisi.id

Kegiatan Musrembang Otsus yang Di gelar mulai dari setiap daerah di Provinsi Papua barat Juga di lakukan pada tingkat Provinsi Papua Barat, Kegiatan itu Berlangsung di Hotel Aston Manokwari Provinsi Papua barat Sejak Jumat 28/04/2023.

Kata, Ketua Forum Anak-Anak Asli 7 suku Peduli Otsus Kabupaten Teluk Bintuni Agustus Orocomna SH, Kami mengapresiasi Pemerintah Provinsi PB melalui Bappeda provinsi PB yang telah melakukan Musrenbang Otsus T. A. 2023 dengan menghadirkan Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Agama dalam kegiatan itu.

Melakukan dialog secara langsung dengan PJ. Gubernur Papua Barat tentang pelaksanaan Dana Otonomi khusus di Papua Barat dan seluruh Kabupaten kota yang ada di Provinsi Papua barat. Ungkap Agus

Selain itu, Agus Menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut sangat luar biasa karena seorang PJ Gubernur bisa meluangkan waktu untuk berdialog dengan masyarakat secara langsung guna keberhasilan program Otonomi khusus di Tanah Papua dan lebih khususnya di Papua Barat.

Dalam dialog itu saya selaku ketua Forum Anak-anak Asli 7 Suku Peduli Otsus Kabupaten Teluk Bintuni menyampaikanSejumlah poin dalam Musrenbang itu sebagai berikut:,

1. Kami minta untuk Bappeda Papua Barat membentuk Team khusus bersama dengan Ketua BP3OK atau badan pengarah Otsus agar melakukan pengawasan dan monitoring terhadap Penggunaan Dana OTSUS di Tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota Se- Wilayah Papua Barat.

2. Kami juga minta kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat dan setiap Kabupaten/Kotanya juga menyisikan Dana Otsus guna merekrut Anak-anak Asli Papua masuk dalam Pendidikan IPDN setiap Tahun Anggaran Otsus berjalan.

3. Kami juga merekomendasikan untuk Dana OTSUS yang selama ini sudah merekrut Anak2 Asli Papua untuk masuk TNI/POLRI maka kami juga minta untuk Pemerintah Provinsi Papua Barat dan seluruh Kabupaten/Kotanya menyisikan Anggaran Otsus untuk penerimaan CPNS Otsus bagi Orang Asli Papua.

4. Kami juga minta untuk Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kotanya menyiapkan Anggaran dari Dana Otsus untuk Anak2 Asli Papua yang hendak melanjutkan studi ke jenjang berikutnya seperti S1 S2 dan S3 bahkan untuk program PIM 1 2 dan 3 harus dibiayai dari dana Otonomi khusus setiap Tahun Anggaran.

5. Kami juga mendesak Pemerintah Provinsi Papua Barat agar memperbaiki atau rehab Jalan Transfer Papua Barat yaitu ruas Bintuni-Manokwari mulai dari mata jalan Distrik Isim sampai ke Bintuni segera diperbaiki karena itu adalah jalan akses utama yang menopang perekonomian di Kabupaten Teluk Bintuni.

6. Kami mendesak Pemerintah Provinsi Papua Barat agar segera menangani kasus Banjir Tahunan yang terjadi Kampung Idoor Distrik Wamesa Kabupaten Teluk Bintuni dengan menggunakan sumber Dana OTSUS karena disana Mayoritas OAP kenal dampak banjir tersebut.

Pihaknya Berharap bagi semua Komponen yang ada di Tanah Papua lebih khususnya di Papua, mulai dari TNI-POLRI parah Bupati dan juga semua orang yang berkompeten mari kita sukseskan dan hargai keberadaan UU I No. 2 Tahun 2021 PP 106 serta 107 tentang Otonomi khusus bagi Provinsi Papua karena ini adalah bagian dari kehadiran Negara untuk mensejahterakan OAP di Tanah Papua.

” Mari Bekerja dengan Jujur diatas Tanah ini agar kita diberkati untuk menjadi berkat bagi sesama dan juga menjadi berkat bagi orang banyak “, Tutup Agus

(Buce JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *