Kota Bagansiapiapi Salah Satu Pilot Project Smart City di Indonesia

ROKAN HILIR –  jurnalpolisi.id

Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau terus berbenah meningkatkan layanan publik. Tidak hanya dari segi layanan kesehatan, pendidikan, pembangunan infastruktur jalan. Akan tetapi, juga meningkatkan layanan digitalisasi di era canggih seperti saat ini.

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong SIP melalui Kepala Dinas Komunikasi, informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotik), Indra Gunawan SE melakukan peninjauan lokasi persiapan peresmian zero Point Smartcity Bagansiapiapi, Sabtu (29/4/2023). Lokasi persiapan peresmian Zero Point Smartcity Bagansiapiapi di pusatkan tepatnya di depan Gedung Dekranasda Rokan Hilir.

Zero point smartcity ini merupakan program Bupati Rohil, Afrizal Sintong dengan bertujuan agar kota Bagansiapiapi dapat meningkatkan layanan publik dibidang digitalisasi terutama pengawasan kenyamanan masyarakat, dan menjadi bagian dari salah satu kota cerdas di Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi, informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotik), Indra Gunawan SE mengatakan, Peresmian zero point smart city merupakan kerjasama Pemkab Rohil dengan PT PLN Icon Plus Indonesia. Dimana pihak Icon Plus mendukung secara penuh dengan melakukan penanaman tiang lengkap dengan tiga unit CCTv beresolusi tinggi.

“Ini merupakan bentuk komitmen pak Bupati kita, Afrizal Sintong meningkatkan pelayanan bagi masyarakat khusunya dibidang digitalisasi dengan pemasangan perangkat tiang dilengkapi tiga unit cctv dan bandwith internet murni dari pihak icon tanpa menggunakan belanja dari APBD Rokan Hilir,” ujarnya.

Lanjut Kadiskominfotik, upaya Pemkab Rohil dibawah pimpinan Afrizal Sintong terus meningkatkan pelayanan publik untuk menggali kembali kejayaan ibu Kota Bagansiapiapi tempo dulu di zaman digitalisasi seperti saat ini.

“Dengan pola digital dan kota cerdas. Kita sangat beruntung karna pihak PT PLN Icon Plus Indonesia bersedia menjadikan kota Bagansiapiapi sebagai salah satu pilot project smart city di Indonesia,” akunya.

Indra Gunawan berharap, kedepan pelayanan publik serta kenyamanan masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir khususnya di ibu kota Bagansiapiapi dapat lebih ditingkatkan dengan penambahan titik baru CCTv.

“Tentunya harapan kita bersama dengan diresmikan zero point smart city di ibu kota Bagansiapiapi pelayanan masyarakat dapat semangkin mantap,” pungkasnya.

Sub Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *